Pentingnya Fitrah Seksual untuk Mencegah LGBT – Tantangan IIP Day 11

 

Kali ini akan dibahas peran orang tua untuk membangkitkan fitrah seksualitas anak:

1. Mengoptimalkan peran pengasuhan
2. Menyeimbangkan peran ayah dan ibu
3. Mengoptimalkan fungsi keluarga
4. Melakukan pengontrolan terhadap penggunaan gadget
5. Menyediakan akses internet dirumah jika diperlukan sehingga anak tidak perlu pergi ke warnet, namun penyediaan akses internet ini harus dibawah pengawasan ayah ibu dan lakukan bloking situs situa dewasa
6. Ridho terhadap keberadaan anak, melakukan pengasuhan kepada anak sesuai fitrahnya saaf lahir
7. Mendoakan anak anak disetiap solat
8. Membiasakan anak untuk izin terlebih dahulu saat masuk kamar orang tua
9. Membiasakan anak untuk menundukkan pandangan, mengenalkan pada anak mana yang mahram dan yang bukan
10. Memisahkan tempat tidur anak dengan saudaranya (terutama apabila berlainan jenis kelamin)
11. Menjauhkan anak dari ikhtilat

1.
bagaimana dgn anak yg terlahir sbg perempuan, tp dia maskulin.. tdk nyaman dgn hal” berbau feminim 🙈 . Keluarga sudah ngasih warning agar tdk sampai suka sesama jenis tp tetap khawatir…. apakah suntik hormon itu diperlukan?

Untuk suntik hormon sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter yang berasangkuta dan telah melakukan konsultasi dgn psikolog ataupun ahli agama

Kalau menurut kami perempuan yang maskulin itu karena kebiasaan dan perasaan nyaman saat berpenampilan seperti itu

mungkin bisa dibantu mengenalkan secara perlahan hal2 yang berbau perempuan2, mulai dari cara berpakaian,cara bersikap, dll

Semisal anak yg masih bayi, biasanya ayah menyarankan memakai baju jangan ribet dll, pakai baju yg simpel aja, karena kalau pakai baju bayi yg rok rok itu kan ribet
Tp kita tetap soundingkan kalau perempuan harusnya berpakaian lebih feminin walau sedikit lebih ribet dan tdk simple

2.
Dan mengapa sampai terjadi anak perempuan yg maskulin atau anak laki yg gemulai? Apakah yg menyebabkannya?
🖌Peran orangtua yang tidak seimbang mbaak
Anak laki laki lebih dekat dengan ibu
Anak perempuan lebih dekat dengan ayah

Bisa juga peran ibu yang lebih dominan di keluarga

3.
bagaimana dengan anak laki2 yang lebih dekat dengan bundanya karena ayahnya kerja luar kota (ldr)? Adakah tips do dan dont bagi Ibu untuk menumbuhkan sisi maskulin sang anak.

🖌cari peran pengganti ayah seperti kakek atau paman

🖌usahakan tetap komunikasi dengan ayah setiap hari videocall jika memungkinkan, jangan sampai anak kehilangan perhatian dan sosok ayah

🖌Tetap ya bun sang ayah sebagai pemegang kendali, misal anak mau izin apa atau mau beli apa, tanyakan dulu pada ayah, jadi peran ayah tidak hilang, kalau sang ayah pulang kerumah berikan quality time dengan ayah

🖌Menumbuhkan sisi maskulin bisa dengan berkumpul dengan teman2 laki laki, memberikan pekerjaan rumah tangga ringan yang bersifat laki laki, bisa juga terus di sounding

🖌Selalu menanamkan kepada ananda pada bahwa dia hrs hebat hrs maskulin tdk boleh feminim, tdk boleh cengeng harus kuat karena sebagai ganti papa nya nanti..

4.
mbak tny…kalau ada yg menunjukkan gejala kemayu (anak cowok) tp ketika ditegur ortuny mlh jwb halah mb wong becanda gitu.gmn y? Pdhl kl nanti2 sy takut mlh keterusan

Terus diingatkan saja mbak, bercanda boleh tapi kalau hal hal seperti itu sebaiknya jangan mbak, karena nanti kalau sudah menjadi kebiasaan malah susah untuk merubahnya.

5.
Ttg menanamkan aturan keluarga ini gimana kah? Contohnya bagaimana ya? Trimakasih sblmny 🙏

🖌Aturan keluarga seperti misalnya: kalau bermain boleh tapi jam5 sore harus sudah dirumah, anak perempuan berbicara harus lebih lembut,

Aturan klrg semacam menekankan ttg peran masing-masing anak sbg anak laki-laki hrs bagaimana dan sebagai anak perempuan hrs bagaimana

Bunda neni: Sayapun memberlakukan tugas rumah juga ke anak-anak tapi tetap sounding bhw dia hrs tdk lemot dan tegas

Pendidikan Seks, Cara Membangkitkan Fitrah Seksualitas Anak – Tantangan IIP Day 10

Media Edukasi Proses reproduksi https://m.youtube.com/watch?v=vly_69KWQI4 Sumber: 1. Pengenalan anggota tubuh Poster anggota tubuh 2. Pengenalan organ reproduksi 3. Cara merawat dan membersihkan organ reproduksi 4. Sikap orang tua 5. Pertanyaan anak seputar seks 6. Link media edukasi http://rsjmutiarasukma.ntbprov.go.id/file/Kesehatan%20Reproduksi%20Remaja%2053x80cm5.jpg https://posterbelajar.files.wordpress.com/2015/06/poster-belajar-anggota-tubuh-tipe-06.jpg https://ecs7.tokopedia.net/img/product-1/2016/7/4/7706189/7706189_8dc5fe3c-59ce-454c-b148-0371f1785119.png http://www.alatkesehatan.id/wp-content/uploads/2015/11/GM-9758.jpg https://www.google.co.id/amp/mommiesdaily.com/2012/11/30/10-peran-penting-orang-tua-dalam-pendidikan-seks-untuk-anak/a https://googleweblight.com/?lite_url=https://oktiinn.wordpress.com/2018/01/08/tantangan-level-11-pendidikan-seks-vs-fitrah-seksualitas/&ei=FkNWGJGU&lc=id-ID&s=1&m=690&host=www.google.co.id&ts=1515706299&sig=AOyes_SXWhsCoa4moH_AJrBf1TsR0zIPxQ Diskusi kelompok 1 pelatihanparenting.com/menjawab-pertanyaan-anak-seputar-seks/ Tanya-Jawab: 1. Mulai umur berapa baiknya diajarkan nama anggota…  Lanjut baca →

Fitrah Seksualitas di Usia Pre-Aqil Baligh – Tantangan IIP Day 9 

Media Edukasi Video tentang Pubertas: https://youtu.be/-cbBiZ-IxFg Tanya-Jawab 1. Anak sy mmg blm remaja, sy pgn tau, biasanya permasalahan remaja d rumah itfu apa sj ya mba yg bikin orgtua deg deg ser 😁 ✅ anak2 masa pubertas adl anak2 yg mulai mencari jati diri ~ emosi tidak stabil     mudah tersinggung atau marah     mencari…  Lanjut baca →

Pentingnya Membangkitkan Fitrah Seksualitas Anak dalam Menghadapi Bahaya Pornografi – Tantangan IIP Day 8

Pada kesempatan ini kelompok 8 membahas secara khusus mengenai PORNOGRAFI sebagai salah satu tantangan yang dihadapi orang tua berkaitan dengan pendidikan seks pada anak. Bahaya Pornografi Menurut penelitian yang dilakukan Yayasan Kita dan Buah Hati di bulan Jan-Des tahun 2016, dengan mengambil responden anak SD kelas 4,5,6. 97 % anak pernah melihat pornografi. Media pornografi…  Lanjut baca →

Menyusui Sebagai Pondasi Fitrah Seksualitas – Tantangan IIP Day 7

PENDIDIKAN SEKSUALITAS SEJAK DINI Materi : Parenting (Pendidikan Seksualitas Sejak Dini) Oleh =Ida Nurlaela Bismillahirrahmanirrahim.. Assalamualaykum wr. wb. Kita mulai ya… Tema kali ini semoga menarik. Menilik banyaknya kasus yang merebak di masyarakat dan juga kurangnya pemahaman bahkan di kalangan ummahat, maka temanya adalah: “Pendidikan Seksualitas Sejak Dini “ “Hah? Nggak salah tuh?” Mungkin ada yang mengerutkan…  Lanjut baca →

Aktivitas Pembangkit Fitrah Seksualitas Anak – Tantangan IIP Day 6

Pembahasan mengenai fitrah seksualitas terus berlanjut. Kali ini kelompok 6 yang tampil. Hmm benar-benar kejar tayang kayak reporter ya, wkwkwk. Siang terima materi, malamnya harus nulis. Hosh hosh. Materi selanjutnya sedikit berbeda dari sebelumnya. Judulnya: 7 Aktivitas Keluarga untuk Membangkitkan Fitrah Seksualitas Anak Usia Pra Sekolah dan Usia Sekolah. Slide selanjutnya cukup mengejutkan. Dibuka dengan…  Lanjut baca →

Peran Ayah Bunda dalam Membangkitkan Fitrah Seksualitas Anak – Tantangan IIP Day 5

  Media Edukasi   Tanya-Jawab Hepi Mbak bagaimana jika anak laki-laki memiliki ketertarikan terhadap pekerjaan “perempuan” seperti memasak, membersihkan rumah, atau kegiatan servicing lain. 😁 Jawab: => gak hanya tugas wanita… tapi itu adalah skill of life… kemampuan dan dorongan yang sebaiknya dimiliki oleh setiap manusia untuk menjaga dan merawat apa yang dia miliki… dimana…  Lanjut baca →

Fenomena Father Hunger – Tantangan IIP Day 4

Kembali lagi bersama tantangan zaman now yaitu fitrah seksualitas. Setelah kemarin 1 hari libur materi, kelas IIP Bunda Sayang Surabaya Bali Madura ramai kembali.   Fenomena ketiadaan ayah inilah yang dibahas oleh kelompok 4. Peran dan kehadiran ayah sangat penting dalam pengasuhan anak. Jika ayah ada tapi tiada, kita lihat saja banyak sekali penyimpangan seksual…  Lanjut baca →

Diskusi Pendidikan Seks bersama Ustaz Harry Santosa – Tantangan IIP Day 3

Cuplikan diskusi bersama Ustaz Harry Santosa tentang Pendidikan Seks Saat sedang mencari bahan review untuk materi Fitrah Seksualitas, saya menemukan dialog sebagai berikut di internet. Sumbernya dari iwaza.wordpress.com/2015/02/12/pendidikan-berbasis-fitrah-diskusi-tentang-pendidikan-seks/amp/ Mari kita baca satu per satu. Saya: Ustadz, apakah orangtua/pendidik yg masih merasa bahwa memberikan pendidikan seks pada mereka yg berusia 13-15 tahun msh belum pantas/belum waktunya…  Lanjut baca →

Mari Bahas Fitrah Seksualitas Sampai Tuntas – Tantangan IIP Day 2

Akhirnya, alhamdulillah, setelah begadang semalaman, tugas ini jadi juga. Tibalah giliran kelompok saya presentasi mengenai tantangan IIP Bunda Sayang kali ini! Deg-degan seperti saat sekolah dan kuliah dulu mau maju ke depan kelasnya juga sama, lho. Saya walaupun hanya menjawab pertanyaan dari balik layar, tapi takut juga kalau kelas tidak berjalan dengan hidup dan lancar….  Lanjut baca →