​Think Creative: Laboratorium Memasak di Kamar Mandi

Sebenarnya dari dulu saya ingin mengakomodasi kegemarannya menutup-buka, mengaduk, menuang menjadi sebuah kegiatan yang bebas bagi dia. Kemarin saya bebaskan otak untuk mencari ide kegiatan apa yang seru untuk si kecil (17 bulan) ini ya?

Hmm rupanya saya menemukan jawabannya. Main saja masak-masakan di kamar mandi. Jadi, toolsnya gampang, cukup ini saja

– dandang kecil stainless steel
– wajan kecil stainless steel
– sutil kecil stainless steel
– wadah nasi kecil stainless steel
– tupperware / wadah makanan
– gayung
– air kamar mandi
– kulit buah naga sisa
– sendok dan garpu plastik
– keset untuk duduk

Semua alat memasak adalah satu set mainan yang dulu kami beli di Supermall Pakuwon. Kalau tidak salah kami beli di Toys City. Isinya macam-macam, ada dandang, wajan, wadah nasi, sutil, tutupnya, serbet, wortel, jamur, dll.

Nah, saya yang tidak boleh terlalu capek bergerak, mengawasi dari tempat tidur. Ayahnya saya sarankan untuk duduk di kursi depan kamar mandi sambil mengawasi si kecil.

Cara kami pun berhasil. Walaupun memang tidak terlalu tahan lama, tapi dia cukup menikmati permainan barunya. Tapi misi kami untuk membuatnya bebas menuang dengan warna tanpa repot bersih-bersih lantai pun terlaksana. Padahal dia suka banget masak-masakan. Tapi kenapa ya ga tahan lama di kamar mandi?

Mungkin karena suasana kamar mandinya juga kurang nyaman dan memang kita ga boleh lama-lama di kamar mandi, ya. Tadi cuma pengen nyoba aja sih. Mungkin besok lagi bakal pindah balkon aja buat mainan yang basah-basahan.

Pelajaran berharga hari ini adalah, sesuatu yang di-setting orangtua buat anak, belum tentu cocok untuk anak. Kita tidak boleh memaksakan. Kalau dia tidak mau atau tidak betah, ya sudah. Yang penting dia sudah mencoba. Memang itulah fitrah anak-anak. Kita sebagai orangtualah yang harus kreatif dan bisa menyesuaikan diri.

Kalau kamu ingin baca tulisan-tulisan saya yang lainnya, bisa baca daftar tulisan saya di: Daftar Isi

Download E-book gratis di: twinpath.kindipress.com/downloads

Dapatkan update info terbaru tentang ide-ide dari saya dan suami di medium.com/ersti-ken

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: