5 Tips Agar Lebih Banyak Membaca Buku

Kamu ingin jadi penulis? Bisa! Asalkan banyak baca. Nah, buat yang masih banyak alasan ga ada waktu buat baca buku karena banyak tugas dan pekerjaan lain, coba baca nih tips tentang membaca buku yang saya kutip dari blog mbak Andra Alodita (alodita.com) karena terinspirasi dengan Najwa Shihab. Silakan dipraktikkan dan lihatlah perubahan dalam hidupmu 🙂

#1
SEDIAKAN WAKTU UNTUK MEMBACA BUKU SETIAP HARI
Usahakan untuk menyediakan waktu untuk membaca buku setiap hari. Kalau kita nggak sediakan, ya nggak akan punya waktu untuk membaca. Seperti mbak Nana, ia selalu menyediakan waktu 20 menit setiap pagi untuk membaca buku. Saat siang, sore, di tengah kemacetan, hingga menjelang tidur juga selalu disempatkan untuk membaca. Saya ikut menerapkan kebiasaan ini dan cukup terkejut karena saya jadi nggak bisa berhenti membaca buku. Selain menambah wawasan dan inspirasi, membaca buku juga merupakan waktu me-time yang sangat berharga setelah seharian beraktifitas.

#2
MEMBACA BEBERAPA BUKU DALAM SATU WAKTU, WHY NOT?
Saya pernah dengar bahwa ada orang yang dapat membaca beberapa buku sekaligus dalam waktu bersamaan, begitu juga dengan Mbak Nana. Saya mempraktekkannya seperti ini: saat pagi saya membaca buku tentang self-improvement, spiritual atau biografi. Saya siang hari saya membaca yang berhubungan dengan pekerjaan, selanjutnya sebelum tidur saya mencoba baca novel fiksi. Alhasil, dalam sehari banyak sekali yang saya dapatkan dari beberapa buku dalam satu waktu!

#3
MEMBACA BUKU JUGA PERLU DILATIH
Membaca cepat atau effective reading juga perlu dilatih. Membaca cepat adalah perpaduan kemampuan motorik (gerakan mata) atau kemampuan visual dengan kemampuan kognitif seseorang dalam membaca. Membaca cepat merupakan perpaduan antara kecepatan membaca dengan pemahaman isi bacaan. Kalau sudah lama nggak baca buku seperti saya, awal-awal rasanya membaca satu halaman saja rasanya lama sekali. Kadang perlu membaca ulang untuk mengerti pemahaman yang ada dalam tulisan tersebut. Tapi dengan melatih diri dengan membaca cepat, tentunya kemampuan kita dapat bertambah setiap harinya.

#4
“DENGAN MEMBACA BUKU, HIDUP KITA LEBIH PANJANG DARI AJAL KITA.”
Awalnya saya nggak terlalu ngerti dengan kalimat di atas, Mbak Nana menjelaskan bahwa dengan membaca, hidup kita lebih panjang dari umur kita. Gimana tuh maksudnya? Dengan membaca buku, kita bisa mengetahui kehidupan jauh sebelum kita lahir, masa kini dan juga bisa membaca tentang masa depan. Wow! Ini deep banget ya. Tapi memang benar kok, buku adalah jendela dunia. Dengan membaca, kita dapat mengetahui hal-hal luar biasa lainnya yang ada di dunia ini dan tentunya lebih panjang dari umur kita.

#5
BERBAGI INSPIRASI MELALUI TAGAR #BOTD ATAU BOOK OF THE DAY.
Agar banyak orang yang terinspirasi untuk membaca buku, kita bisa memulai dengan berbagi cerita dan ulasan lewat tagar #BOTD atau book of the day. Saya yakin, kebiasaan baik ini bisa menular kok lewat media sosial. Dengan cara berbagi inspirasi seperti ini, pasti banyak orang yang akan ikut antusias membaca, memberi ulasan dan juga terinspirasi untuk membaca buku.

Coba gantikan kebiasaan main game, browsing Instagram dan membaca gosip dengan membaca buku.

– Andra Alodita

Featured image: alodita.com

Kalau kamu ingin baca tulisan-tulisan saya yang lainnya, bisa baca daftar tulisan saya di: Daftar Isi

Download E-book gratis di: twinpath.kindipress.com/downloads

Dapatkan update info terbaru tentang ide-ide dari saya dan suami di medium.com/ersti-ken

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: