KonMari merupakan singkatan dari Marie Kondo, nama wanita penggila beres-beres rumah asal Jepang yang kini menjadi konsultan dan lifestyle expert. Pada 2015, Kondo masuk dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia versi TIME. Ia dijuluki β€œthe most organized woman in the world.”

Ingin rumahmu dan hidupmu berubah? Berbenahlah dari sekarang. Berikut 6 tips dari metode KonMari:

1. Buang Semuanya Sekaligus, Tanpa Ampun, Sampai Tuntas!

Jangan menyimpan barang-barang jika kita belum selesai membuang. Hanya ada dua aktivitas yang diperlukan: membuang dan memutuskan hendak menyimpan barang di mana. Rahasia sukses adalah dengan berbenah sekaligus, secepat-cepatnya, setuntas-tuntasnya, dan memulai berbenah dengan membuang barang yang tidak perlu. Ikhlaskan barang-barang yang kamu buang.

2. Pilah Berdasarkan Kategori, Bukan Lokasi

Kumpulkan barang dengan kategori sama di satu tempat. Jika pakaianmu terlalu banyak, buat subkategori seperti: atasan, bawahan, kaus kaki, dan lain-lain. Beberkan di lantai. Menangani tiap kategori satu per satu dalam satu waktu mempercepat proses berbenah. Jangan sampai ada yang terlewat.

altvia japantimes.co

3. Simpan Secara Vertikal, Bukan Ditumpuk

Menumpuk akan membebani barangmu yang paling bawah. Jika tempat penyimpananmu semestinya cukup, tetapi ternyata kurang, coba berdirikan barang-barangmu. Jika disimpan vertikal, tiap penambahan akan memakan tempat ke samping sehingga kelihatan apabila sudah penuh. Lakukan itu terhadap seluruh jenis barang.

altvia onekingslane.com

4. Ikuti Urutannya

Urutannya: baju, buku, kertas, komono (pernak-pernik), terakhir baru barang sentimental. Jangan mulai dari barang sentimental/barang kenang-kenangan kalau kamu tidak mau gagal.

5. Sebelum Mulai, Visualisasikan Tujuan

Tujuan seperti “Aku ingin supaya tidak berantakan” atau “Aku ingin bisa menyimpan barang” sudah terlalu umum. Kamu perlu berpikir lebih dalam lagi. Coba tengok majalah desain interior dan cari foto yang memikatmu. Tanyakan lagi alasan ke dalam dirimu “Kenapa aku ingin berbenah?”

6. Kriteria Seleksi: Membangkitkan Kebahagiaan atau Tidak?

Buang apa saja yang selama setahun sudah tidak kamu pergunakan. Ambil dan pegang tiap benda, tanyalah “Apakah ini membangkitkan kebahagiaan?” Jika ya, simpanlah. Jika tidak, buanglah. Simpan barang-barang yang menggetarkan hatimu, teguhkan tekad untuk membuang sisanya. Kriteria ini terkenal dengan sebutan Spark Joy.

Tips-tips lain bisa kamu baca di “The-Life Changing Magic of Tidying Up: : The Japanese Art of Decluttering and Organizing”, telah diterbitkan di lebih dari 30 negara di dunia dan baru-baru ini Indonesia.

altvia konmari.com

Unduh aplikasinya juga agar kamu bisa membagikan aksi beres-beresmu dengan orang-orang di seluruh dunia. Ingat, kehidupan yang sebenar-benarnya baru dimulai setelah kamu membenahi rumah. Mari berbenah!

Sumber: grya.co.id

written byAdiar Ersti Mardisiwi

pic source: http://www.drnorthrup.com/7-tips-to-organize-your-home-using-the-konmari-method/