Apa Gaya Belajar Anak Kita?

Mengamati gaya belajar anak, apalagi masih berusia bayi tua (6-12 bulan), memang gampang-gampang susah. Sifatnya yang masih suka eksplorasi, memukul-mukulkan benda, cenderung “merusak” benda, dan memperlakukan benda sebagai makanan memang kadang sedikit menjengkelkan, hehe. Tapi coba dilihat baiknya aja, anak yang suka eksplorasi berarti lebih banyak pengalaman, lebih banyak jatuh, lebih banyak tahu cara kerja sesuatu.

Lalu, bagaimana dengan baby K dalam hal gaya belajar?

Sudah 10 hari saya dan suami mencoba mengamati gaya belajarnya. Hari ini kami mengamati bahwa baby K suka sekali ngudal-udal alias unboxing kotak penyimpanan. Entah kotak penyimpanan parfum, kotak penyimpanan pensil dan ATK, sampai kotak penyimpanan kabel. Saya juga belum tahu sih, ini memang kesukaan dia atau bayi-bayi usia segini juga melakukan hal yang sama. Ada yang tahu ga, Moms?

Hari ini dia juga belajar mematikan-menyalakan saklar lampu, memasukkan-mengeluarkan makanan dari bungkusnya. Dia langsung mencoba mengikuti apa yang saya perintahkan, misalnya, “Ini kak, kayak gini cara menyalakan lampu. Cetek (tangan saya menyalakan saklar).” Dia pun akhirnya berusaha memegang dan mengikuti perintah saya. Kemampuan jari dan tangannya sungguh berkembang pesat. Sekarang benda-benda kecil bahkan dengan tekstur cukup basah pun dia juga sudah bisa pegang.

Jadi, setelah 10 hari mengamati gaya belajar baby K, saya menyimpulkan dugaan kuat bahwa gaya belajarnya Kinestetik-Auditori. Bisa dilihat di postingan sebelum-sebelumnya apa saja stimulasi yang saya berikan untuk si kecil, ya.

Alhamdulillah sudah hari ke-10 dari tantangan IIP Bunda Sayang. Sebentar lagi waktunya menuliskan aliran rasa. Hmm~ Senangnya sudah mengetahui gaya belajar si kecil. Setelah ini, waktunya memaksimalkan si kecil dengan pembelajaran interaktif yang mengoptimalkan sifat ga bisa diamnya/senang eksplorasinya, serta rangsangan suara yang lebih banyak lagi.

Jadi, apa gaya belajar anak kita, Moms? Tetap diamati dengan cinta yaa~

Kalau kamu ingin baca tulisan-tulisan saya yang lainnya, bisa baca daftar tulisan saya di: Daftar Isi

Download E-book gratis di: twinpath.kindipress.com/downloads

Dapatkan update info terbaru tentang ide-ide dari saya dan suami di medium.com/ersti-ken

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: