Apa Saja yang Ada di Diaper Bag Bayi Baru Lahir?

Hai, para ibu dan calon ibu yang berbahagia (harus, dong!) Kembali lagi di artikel yang berhubungan dengan ibu dan anak. Hehehe. Saya memang lagi semangat menulis topik seperti ini. Euphoria jadi ibu muda, mungkin, ya? Sekarang saya akan membahas diaper bag. 

Apa itu diaper bag? Itu lho, tas popok. Kalau definisi lebih lengkapnya, tas untuk membawa keperluan bayi saat bepergian. Apa saja sih, yang seharusnya ada di diaper bag? Tentunya beda bayi dan ibu, beda barang bawaannya. Beda usia bayi, juga beda bawaanya. Kali ini saya akan buka-bukaan isi tas popok si baby Kindi yang baru berusia 6 minggu alias newborn. Hihihi. Berarti kalau dia tumbuh besar nanti, isi diaper bag-nya akan diupdate lagi, ya? Aamiin semoga masih semangat ngeblog. OK, this is my full-of-stuff diaper bag!

Inside Diaper Bag - detail

  1. Diaper Bag. Sebenarnya punya saya tidak sekecil ini. Yang ini ukuran medium, merknya DIALOGUE BABY. Tas ini dapat dari tante saya. Bonus penyimpan botol juga sebenarnya, tapi tidak saya bawa karena Kindi masih ASI Eksklusif.
  2. Diaper/popok sekali pakai. Saya baru dua kali mencoba merk popok sekali pakai. Yang pertama, Mamy Poko. Tapi agak mahal, hehe. Akhirnya beralih ke merk Sweety. Yang Sweety ini lebih ringan. Kalau pergi, saya tidak pernah bawa popok, tapi bawa popok sekali pakai.
  3. Bantal tangan untuk menyusui. Ini sih idenya suami saya. Dia yang hobi belanja di Tokopedia dan menemukan inovasi bantal menyusui anti peyang. Hehehe. Supaya kepala si bayi tetap bulat sempurna. Bantal ini berisi kacang hijau dan memiliki karet untuk dimasukkan ke tangan ibu saat menyusui bayi.
  4. Kapas bola (cottonballs). Harusnya kapas ini ditaruh dalam wadah yang punya klip dan berisi air. Tapi saya hanya bawa kapas saja (belum beli wadahnya :p). Kapas ini digunakan untuk membersihkan pantat dan alat kelamin bayi setelah buang air kecil maupun besar. Bisa juga untuk membersihkan puting ibu sebelum dan sesudah menyusu. Saya mencoba merk MediSoft dan Pigeon.
  5. Breast Pad. Barang ini sangat penting untuk ditaruh di bra ibu menyusui. Karena ASI bisa menetes kapan saja. Supaya tidak membekas di baju, letakkanlah breast pad ini di dalamnya. Merk yang saya pakai ialah Farlin yang washable/bisa dicuci. Kalau yang disposable, jatuhnya mahal, karena beli terus. Hehehe.
  6. Celana panjang. Biasanya saya bawa 1 saja. Harusnya 2 sih, sama celana pendek.
  7. Baby Wipes/tisu basah. Saya jatuh cinta sama Cusson’s Baby yang berbentuk hand glove. Bentuknya mirip waslap dan teksturnya sedikit kasar. Tidak seperti yang polos itu. Saya baru tahu setelah mama saya beli.
  8. CD Lullaby. CD ini cocok diputar di mobil atau di kamar untuk menidurkan bayi atau saat bayi sedang rileks. CD ini saya dapatkan dari hadiah yang menyatu dengan Cusson’s Baby Toiletries Gift Box. 
  9. Baju lengan panjang. Bawa 1 saja.
  10. Tisu travel pack. Tisu kering untuk mengeringkan pantat bayi setelah dibasahi kapas, dan juga untuk apa saja.
  11. Timal/Lap serbaguna. Lap garis-garis yang sering disebut timal ini berfungsi untuk apa saja! Untuk lap iler, lap ompol, dan lain-lain.
  12. Masker. Jika ada yang sakit, lebih baik pakai masker agar bayi tidak tertular.
  13. Cloth diaper. Clodi ini washable dan saya hanya bawa 1 karena seringnya pakai diaper.
  14. Topi.
  15. Baju tanpa lengan
  16. Baby Cape
  17. Tas penyimpan bekal
  18. Bantal menyusui (bisa ditiup)
  19. Mainan penghasil suara
  20. Nursing apron
  21. Kain bedong
  22. Handuk kecil
  23. Pouch penyimpan toiletries set
  24. Mainan penghasil suara (Winnie the Pooh)
  25. Toiletries set
  26. Kantong plastik
  27. Sarung tangan
  28. Hand sanitizer
  29. Sarung botol minum
  30. Perlak
  31. Waslap
  32. Sepatu

Diaper Bag detail 2

Diaper Bag detail 3

Diaper Bag detail 1

Masih ada lagi yang foto belum dicantumkan yaitu:

  • Handphone
  • Dompet
  • Buku Notes dan bolpoin
  • Token bank
  • Buku bacaan anak
  • Buku bacaan ibu

Semoga menginspirasi, ya! Selamat packing diaper bag!

Kalau kamu ingin baca tulisan-tulisan saya yang lainnya, bisa baca daftar tulisan saya di: Daftar Isi

Download E-book gratis di: twinpath.kindipress.com/downloads

Dapatkan update info terbaru tentang ide-ide dari saya dan suami di medium.com/ersti-ken

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: