Apa yang Saya Pelajari di Bangku Arsitektur

Apa saja sih yang dipelajari selama menempuh pendidikan di bangku arsitektur? Banyak! Banget! Selama berkuliah, aku juga mengalami naik dan turun lho, ga hanya naik dan turun IPK, tapi juga naik dan turun semangat dan mood! Hmm… haram nih hukumnya.

Eh tapi daripada membicarakan soal kegalauan selama menempuh pendidikan arsitektur, yuk kita simak buku legit ini! 101 Things I Learned in Architecture School oleh  Matthew Frederick.

Di buku ini dibahas mulai dari bagaimana cara menggambar garis, bagaimana rahasia-rahasia gratis walaupun kamu tidak bersekolah di arsitektur, hingga tips-tips yang menyentuh lubuk hatimu yang paling dalam, cieee.

Berikut ini saya beri sneak peek buku 101 Things I Learned in Architecture School. Buku ini saya beli di Basheer Graphic Books, di sebuah pusat buku dan seni yaitu Bras Basah Complex, Singapura. Yuk, intip sedikit tentang buku ini. Mungkin kamu mau meminjamnya? Bebas! Kamu sebenarnya juga bisa mengunduhnya gratis di http://fpd-bd.com/wp-content/uploads/2013/05/101-things-i-learned-at-architecture-school.pdf 🙂

 

 

Cara membuat garis. Saat ini mungkin menarik garis sudah menjadi hal yang biasa. Tetapi, saat pertama kali memulainya dulu, sempat merasa grogi dan berkeringat. Hmm… tahan napas… buang… Yap! Satu garis telah tergambar. Jangan ragu-ragu dalam menarik garis, ya.

 

Kata om Louis Kahn, nih. Jadi menurutnya, arsitektur adalah seperti itu.

 

Semua berawal dari…. ide!

 

Ini lho, tulisan gaya arsitek 🙂

Kalau kamu tidak bisa menjelaskan idemu kepada nenekmu dalam istilah yang beliau pahami, berarti kamu belum mengerti hal itu dengan baik, lho…

 

Presentasi yang baik itu, bisa dibaca dari kejauhan. Nah, lho!

 

Itulah beberapa hal-hal yang saya pelajari selama kuliah arsitektur. Tentunya tidak sesederhana dan sesedikit itu. Namun, beberapa hal tersebut setidaknya mewakili proses selama empat tahun ini.
Buat yang tidak bersekolah arsitektur, bagaimana, tertarik mempelajari arsitektur? Baca saja dulu buku ini 🙂

Kalau kamu ingin baca tulisan-tulisan saya yang lainnya, bisa baca daftar tulisan saya di: Daftar Isi

Download E-book gratis di: twinpath.kindipress.com/downloads

Dapatkan update info terbaru tentang ide-ide dari saya dan suami di medium.com/ersti-ken

1 Comment

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: