Aplikasi Trello untuk Proses Kehamilan dan Kelahiran Bayi

Di dunia yang serbainternet ini, di zaman yang serbacepat, dan di diri yang serbamalas ini (hehehe), teknologi sangat membantu sekali mengakomodasi itu semua. Termasuk proses kehamilan dan kelahiran bayi. Khususon untuk ibu-ibu yang supermultitasking dan sibuk tingkat tinggi.

Di luar sana tersedia banyak sekali mobile application yang bisa diunduh untuk memantau perkembangan janin dan bayi. Tapi… yang mau saya bahas ini beda. Hmm.. sebenarnya saya mau ngomong apa, sih?

Hehehe, ini lho, project management tool yang unyu, lucu, imut, dan gaul. Saya sendiri tahu tentang tool ini dari calon suami saya (yang akhirnya sekarang jadi suami). Kami memutuskan menggunakan tool ini untuk proses menuju pernikahan. Oh ya, juga dari blogger kenamaan dari situs sebelah (Tumblr), namanya mbak Reisha Humaira yang juga menggunakan Trello untuk me-manage prosesnya menuju pernikahan. Berhubung pernikahan itu acaranya ga sehari semalam, tapi berkali-kali, jadi menurut saya penting rasanya untuk mengorganisasinya dengan rapi (walaupun ga ada apa-apanya deh kerapian saya dibandingkan suami @_@).

Fitur

Kita bisa meng-customize background, mengundang anggota lain dengan mengetikkan e-mailnya, lalu menambah card, melabeli card-nya, memasukkan attachment, comment di setiap card, dan masih banyak lagi.

Di sini saya menggunakan beberapa kolom, di antaranya:

  • Milestone (event penting seperti: Jadwal Kontrol, Cek Lab, Konsultasi Dokter, Babymoon, Jadwal Imunisasi, USG 4D, Kelahiran, sampai Aqiqahnya nanti, dan lain-lain)
  • To Do (rencana ke depan/yang belum dilakukan)
  • Doing (hal-hal yang sedang dilakukan)
  • Done (hal-hal yang selesai dilakukan) — bisa ditaruh di Milestone juga kalau sudah selesai dilakukan
  • How-To (tutorial dari berbagai sumber tentang dunia kehamilan, persalinan, parenting, dan lain-lain)
  • References (referensi nama anak, rumah sakit, situs-situs inspiratif)

Memang masih acak sih, yang penting saya masuk-masukkan dulu apa yang ada di kepala. Nanti dirapikan lagi :))

Screen Shot 2016-02-09 at 11.33.52 PM
Drag and drop

Di aplikasi berlogo anjing melet ini, kita bisa mengatur due date setiap card. Hal ini penting sebagai pengingat/reminder kita. Kita bisa mengedit deskripsi, menambah attachment, menulis comment dan dibaca oleh subscriber yang lain, dan jika card sudah tidak diperlukan, kita bisa meng-archive-nya. Saya juga meng-install Toggl sehingga dia muncul di Trello (button merah ‘Start Timer‘).

Setiap aktivitas kita akan tercatat dalam rekamannya. Kita juga bisa berkomunikasi dengan anggota tim (dalam hal ini: suami).

Trello juga tersedia dalam mobile app, kok.

Screen Shot 2016-02-09 at 11.27.11 PM
My Pregnancy Timetable
Screen Shot 2016-02-09 at 11.25.34 PM
Tampilan trello.com

Ke depannya saya akan menambahkan foto-foto USG janin, dan hal-hal lain yang siapa tahu diperlukan untuk mengisi artikel di blog ini ke depannya 😀

Buat ibu-ibu gaul masa kini, yang ingin mencatat progress kehamilan dan persiapan kelahiran, bahkan nanti sampai anaknya sudah besar, silakan sign up di Trello.com, dan rasakan sensasinya! Keep recording, Moms!

 

Kalau kamu ingin baca tulisan-tulisan saya yang lainnya, bisa baca daftar tulisan saya di: Daftar Isi

Download E-book gratis di: twinpath.kindipress.com/downloads

Dapatkan update info terbaru tentang ide-ide dari saya dan suami di medium.com/ersti-ken

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: