Bagaimana Gaya Pengasuhan Anak a la Orangtua Prancis?

Tadi malam saya menyusui si kecil sambil mendengarkan audio book di Blinkist. Sebenarnya bukan audio book, sih. Tapi semacam summary atau intisari/ringkasan dari sebuah buku.

Nah, Blinkist ini menyediakan 2000++ buku impor nonfiksi yang tentunya sangat lezat untuk dikonsumsi. Salah satunya, buku-buku impor tentang pengasuhan anak.

Sudah sekitar satu tahun lalu saya mengenal aplikasi ini karena diberitahu suami. Kalau masalah referensi aplikasi keren, dia gudangnya. Saya sih, tinggal minta rekomendasi aja.

Buat kamu yang suka baca buku banget, ga punya waktu cukup, atau malah bingung matgay alias mati gaya waktu lagi menunggu, ga ada salahnya install Blinkist di handphone kamu.

Nah, bagaimana pendapatmu setelah membaca screenshot buku di atas?

Buku di atas berjudul Bringing Up Bebe. Ditulis oleh Pamela Druckerman, seorang jurnalis Amerika yang tinggal di Prancis.

Menarik, bukan? Ternyata gaya pengasuhan orangtua Prancis cukup sejalan dengan fitrah manusia, ya. Tidak seperti gaya pengasuhan orangtua Amerika yang helicopter parenting. 

Menarik rasanya jika membandingkan gaya pengasuhan anak di Timur dan Barat. Apalagi membandingkan gaya pengasuhan Barat. Terutama orangtua di Jepang, Cina, Prancis, dan Amerika. Menarik sekali bila gaya pengasuhan islami juga dibuat bukunya dari sudut pandang kisah nyata. Mungkin seperti apa yang mbak Pamelan Druckerman tulis di buku Bringing Up Bebe ini.

Sejauh ini yang sudah saya lakukan adalah memberi makanan anak seperti orang dewasa, karena saya dan suami mengikuti metode Baby-Led Weaning. Sehingga membuat si kecil tidak pilih-pilih makanan, makan dengan lahap dan mengurangi risiko obesitas. 

Kesimpulan dari buku Bringing Up Bebe ini adalah:

Jadilah orangtua yang memberikan kebebasan anak bereksplorasi, fasilitasi mereka, dan awasi mereka. Kamu hanya perlu melihat dari sudut pandang anak-anak.

Di tulisan selanjutnya akan saya bagikan tentang insight dari buku minimalist parenting oleh Christine Koh.
Semua ini bisa kamu baca dengarkan di aplikasi Blinkist. Bisa didownload di iOS atau Google Play Store. Selamat membaca dan mendengarkan! 

Featured image: alodita.com

Kalau kamu ingin baca tulisan-tulisan saya yang lainnya, bisa baca daftar tulisan saya di: Daftar Isi

Download E-book gratis di: twinpath.kindipress.com/downloads

Dapatkan update info terbaru tentang ide-ide dari saya dan suami di medium.com/ersti-ken

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: