Belajar Kepemimpinan Timur dan Barat dari Buku Fusion Leadership

Hari ini apa yang sudah kami sekeluarga baca ya? Kalau saya hari ini habis Subuh baca buku yang agak beda dari biasanya. Genre yang sudah lama ga saya sentuh setelah beralih ke bacaan dunia emak dan anak alias parenting.

Nenny Soemawinata. Siapa sebenarnya orang ini? Begitu batinku saat suami membeli buku Fusion Leadership: Harmoni Dua Dunia secara impulsif di Toko Buku Gramedia Purwokerto, sekitar September 2016 tahun lalu. 

Saya tidak tahu mengapa dia membeli buku itu. Entah karena sampulnya yang merah merona, istilah fusion-nya, istilah leadershipnya, atau memang dia ngefans sama author-nya? Saya rasa yang terakhir tidak. 

Nah, beberapa bulan belakangan saya ikutan penasaran. Berhubung suami ga segera menamatkan buku ini, akhirnya saya pinjem deh. 

Btw, siapa penulis buku ini atau bu Nenny ini?

Dikutip dari Fimela.com:

“Tak tanggung-tanggung, perempuan kelahiran India, 31 Januari 1954, ini pernah menduduki posisi penting di sejumlah perusahaan. Ia pernah menjabat sebagai President Director Indo-Ad/Ogilvy, General Manager & Chief Operating Officer ANTV, Director of Operations RCTI, Konsultan MRA Group, Chief Operating Officer O-Channel, dan Head of Programming U Television Sdn Bhd, Berjaya Group, Malaysia, sebelum diminta secara khusus oleh Putera Sampoerna untuk bergabung dengan PSF—Institusi bisnis sosial pertama di Indonesia dengan visi mencetak calon pemimpin dan wirausahawan handal.”

Ternyata, bu Nenny pernah memimpin banyak sekali organisasi! Ke mana aja ya saya kok ga tahu dia siapa, hehehe kudet alias kurang update.

Buku ini isinya wanita banget. Penuturannya rapi dan menarik. Ceritanya juga personal sekali. Dia memiliki semangat bercerita dan berbagi yang bagus. 

Saya bingung, apa sih maksudnya fusion? Gabungan apa? Ternyata dia orang timur yang dibesarkan di dunia barat. Makanya dia mengulas beragam sisi kehidupannya di dunia Timur dan Barat itu khususnya dalam hal kepemimpinannya di buku ini.

Berikut info tentang buku ini di Goodreads:

Kepemimpinan adalah seni mengelola kapasitas diri: untuk mengubah hal yang tidak mungkin menjadi mungkin, untuk mengelola sikap yang benar dan bersedia mengambil tanggung jawab, untuk memandang kegagalan bukan sebagai sesuatu yang final, melainkan suatu kesempatan untuk terus bertumbuh dan berkarya.

Buku ini merangkum pengalaman, cerita, anekdot, dan kombinasi prinsip kepemimpinan Timur dan Barat yang dengan jujur dan gamblang diceritakan guna menginspirasi pembacanya.

Buku ini mengajarkan hal-hal kecil yang berharga, yaitu hasrat yang harus selalu menjadi bahan bakar dalam memimpin dan cara-cara praktis untuk menikmati hidup.

Tiap halaman buku ini merupakan lembaran-lembaran ajaib yang menuntun pikiran dan imajinasi masuk ke suatu dimensi di mana kepemimpinan berarti pengaruh: tidak kurang, tidak lebih. 

Ga usah panjang lebar lah ya, saya jatuh cinta banget pas baca buku ini tadi pagi. Selain karena sampulnya warna merah dan layout bukunya yang cantik. Saya yakin wanita yang saat ini sedang memimpin sebuah organisasi perlu membaca buku ini. 

***

Kami sekeluarga pergi escape-ke sebuah tempat yang kalian tidak perlu tahu-hehehe. Kami membaca buku bersama di pagi hari, di tempat tidur. Sembari si kecil menyusu pada saya. 

Nah, suami tadi membaca buku yang saya baca kemarin, yaitu Berani Kaya Berani Takwa

Sedangkan malam ini si kecil saya bacakan kisah hewan-hewan dalam AlQuran. Ternyata menarik sekali melihat kisah Paus, Gajah, Anjing, Keledai di AlQuran. Gambarnya juga  menarik. Baby K suka banget. Buku ini terbitan penerbit Tiga Ananda dari Solo.

Segitu dulu kisah membaca kami hari ini. Memang ga lengkap banget. Selain membaca AlQuran, kami rasa perlu untuk meningkatkan kecintaan dan memperdalam pengetahuan terhadap agama Islam dengan membaca buku-buku berbau Islam. Eh tapi malah saya membaca buku kepemimpinan seorang wanita. Hihihi. Gapapa, insight baru aja. Hmm semoga hari ini ilmu yang kami dapatkan dari membaca buku-buku tadi bermanfaat. Aamiin. 

Pic source:
Nenny Soemawinata dan getscoop.com

Kalau kamu ingin baca tulisan-tulisan saya yang lainnya, bisa baca daftar tulisan saya di: Daftar Isi

Download E-book gratis di: twinpath.kindipress.com/downloads

Dapatkan update info terbaru tentang ide-ide dari saya dan suami di medium.com/ersti-ken

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: