Belajar Sentuh-Rasa dengan Buku Emosi dari Rabbit Hole – Day 3 

Ternyata tugas Institut Ibu Profesional Kelas Bunda Sayang kali ini sangat menantang. Bagi yang sudah memiliki anak, diharuskan meneliti gaya belajar anak selama 10 hari.

Di hari ke-3 ini, saya mengamati si kecil yang berusia 10 bulan dalam aktivitas membaca buku yang interaktif. Buku apakah itu?

Buku-buku bayi dari penerbit Rabbit Hole!

Si kecil yang sudah diduga punya gaya belajar kinestetik dan auditori ini saya fasilitasi dengan buku emosi berjudul “Hmmm” dan buku “Cilukba”.

Saat dibacakan cerita, dia langsung tahu mana bagian yang bisa disentuh dan diraba. Apalagi bagian belakang buku yang terdapat kaca. Seringnya dia menciumi kacanya, menertawai bayangannya sendiri.

Saat dibacakan, dia juga menunjuk-nunjukkan jarinya ke buku sambil berceloteh.

Menurut saya, 2 buku Rabbit Hole yang memang dikhususkan untuk bayi ini sangat merangsang sensomotorik anak.

Saya lihat, si kecil juga tampak bosan ketika saya membalik buku yang tidak bisa disentuh dan diraba. Wah, apakah memang benar dia dominan kinestetik dan auditori?

Besok akan saya cari cara lagi untuk menemukan gaya belajarnya. Menemukan gaya belajar yang tepat sejak dini adalah investasi agar kelak ketika dewasa dia tetap cinta belajar di mana saja dan kapan saja.

Sepertinya jika memang begitu, akan saya rutinkan untuk membacakan buku-buku yang interaktif seperti terbitan Rabbit Hole ini. Serta menunjukkan setiap kata di dalam buku ketika mengucapkannya. Sesuai petunjuk di dalam katalog buku-buku Rabbit Hole, bahwa dengan menunjukkan kata per kata, dapat memudahkan anak mengingat huruf. Otomatis dia akan makin cepat bisa membaca nantinya.

Saat membaca buku Rabbit Hole ini, pastikan anak dibacakan dari bagian awal hingga akhir, benar-benar memeragakan apa yang terjadi. Semoga dengan begitu, dengan rajinnya kita mendampingi anak membaca, maka ia akan dengan sendirinya hafal konsep buka-tutup, atas-bawah, emosi, serta jenis kelamin yang terdapat di 2 buku ini.

Tertarik dengan bukunya? Silakan lihat katalognya di instagram.com/rabbitholeid.


Semoga masih diberi kesempatan untuk menjaga si kecil dan mengobservasi apa gaya belajarnya.

Teruslah jadi manusia pembelajar sampai akhir hayat ya, Kindi yang Ibu cintai…

Kalau kamu ingin baca tulisan-tulisan saya yang lainnya, bisa baca daftar tulisan saya di: Daftar Isi

Download E-book gratis di: twinpath.kindipress.com/downloads

Dapatkan update info terbaru tentang ide-ide dari saya dan suami di medium.com/ersti-ken

1 Comment

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: