Berhenti Sejenak dan Bersyukur

Tahun ini adalah tahun penuh ujian kesabaran dan kesyukuran untuk diri saya dan keluarga. Berbagai macam challenge dari Allah dihadapkan kepada saya. Seiring kenikmatan ditambah, sebanyak itu pula Allah mengetes kami sekeluarga. Nah, di catatan online Adjie Santosoputro kali ini, kami diajak untuk berhenti sejenak dan meluangkan waktu untuk bersyukur di tengah hiruk pikuk kehidupan dunia. Niscaya kita akan bahagia dengan latihan sederhana ini. Coba deh 🙂

SEBUAH AJAKAN UNTUK BERSYUKUR 8 – Happymorphosa Juni – Catatan Bersyukur
Masalah apa yang sekarang ini sedang kamu alami?

Stres, cemas, frustrasi, kesepian, bosan, marah, lelah, banyak yang harus dikerjakan?

Usai menempuh perjalanan yang cukup lama dan jauh dari tempat tinggal, energi saya terkuras habis. Capek dan bingung sebagai akibat dari ketidakmampuan tubuh dalam menyesuaikan diri dengan zona waktu yang baru. Atau dikenal dengan istilah jet lag. Saya menjadi lebih mengarahkan pandangan saya kepada berbagai masalah yang sedang saya alami. Bergumul dengan kekecewaan atas cerita hidup saya selama ini, bahkan sampai marah kepada diri saya sendiri karena telah berusaha sedemikian rupa, namun hasilnya masih jauh dari harapan.

Saya terduduk di suatu tempat yang terasa tak asing. Seolah-olah saya cukup sering berada di sini. Akhirnya saya menemui diri saya sendiri dalam keheningan dan perlahan membuat saya percaya bahwa saya masih baik-baik saja.
“Kamu harus percaya padaku …”
“Percaya apa?”, tanyanya.
“Aku sedang mengalami banyak masalah …”
Dia menatapku dalam-dalam. Sorot mata yang meneduhkan.
“Aku percaya, kok … Namun, aku juga ingin mengajakmu bersyukur.

Menyadari apa saja berkah yang telah kamu peroleh selama ini yang selayaknya kamu syukuri …”

“Bersyukur masih bernapas dan diberi waktu bersama keluarga dan orang-orang tercinta, merayakan waktu, dan menjalin hubungan cinta yang begitu indah rasanya …”
“Bersyukur mendapatkan kesempatan mengalami berbagai hal untuk pertama kalinya … Bersyukur atas makanan dan minuman … Bersyukur atas kehadiran orang-orang yang mencintaimu, yang membaca tulisan-tulisanmu, yang menghargai hasil karyamu … Bersyukur mampu berkarya sesuai dengan yang benar-benar kamu suka … Bersyukur atas anugerah berupa kesehatanmu, dan berupa kehidupan di sepanjang perjalanan yang begitu indah ini”, tambahnya mengingatkan. Dia memegang pundak saya, lalu menepuk perlahan. Memberikan semangat untuk tetap tangguh melanjutkan langkah.
Saya merasakan siraman air yang sejuk mengenai hati saya hingga relung terdalam.
Bersyukur mampu membantu untuk berbahagia. Bersyukur bisa membuat semua yang terjadi terasa berkah, dan bukanlah sesuatu yang sia-sia. Bersyukur punya daya untuk menjadikan setiap momen dalam hidup ini terasa lebih indah.

Hidup ini adalah rajutan keindahan. Berhenti sejenak dan bersyukur adalah cara untuk tidak melewatkannya.

Itulah salah satu kekuatan dari bersyukur.

Tapi, bersyukur itu bukan lalu menyangkal semua masalah yang ada, bukan berarti malas memikirkannya, bukan terus menganggap mencari jalan keluar atas masalah yang terjadi adalah jalan yang salah. Bukan. Tidak apa-apa memikirkannya dan merasakannya. Malahan untuk berlatih memaafkan diri sendiri, dibutuhkan sikap mengingat dan menemui masalah itu. Bersyukur adalah cara yang indah untuk berlatih bahagia.

Bersyukur memperluas kesadaran, dari sudut pandang yang sempit hanya mengarah pada hal-hal yang menyebalkan, menjadi sudut padang yang luas, menunjukkan bahwa selain yang menyebalkan, ternyata masih ada banyak hal lainnya yang membuat hati bergembira.

Latihan sederhana yang disarankan hari ini adalah, luangkan waktu sejenak di tengah kesibukan, renungkan apa saja berkah yang kamu dapatkan dan kamu syukuri hari ini.

– adjie santosoputro

Kalau kamu ingin baca tulisan-tulisan saya yang lainnya, bisa baca daftar tulisan saya di: Daftar Isi

Download E-book gratis di: twinpath.kindipress.com/downloads

Dapatkan update info terbaru tentang ide-ide dari saya dan suami di medium.com/ersti-ken

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: