Catatan AyahASI Gratis dari Diskusi FIM Club Peran Ayah ASI

Selama ini, kegiatan menyusui dianggap sebagai melulu urusan antara bayi dan ibu. Kami, 8 ayah muda: Aditia Sudarto, Dipa Andika Nurprasetyo, Ernest Prakasa, Pandu Gunawan, A. Rahmat Hidayat, Shafiq Pontoh, Sogi Indra Dhuaja, dan Syarief Hidayatullah berusaha memberi sudut pandang lain tentang peran ayah dalam urusan menyusui ini. Selama proses pemberian ASI untuk buah hati kami, kami tersadarkan bahwa ayah dapat dan sangat bisa berperan bagi keberhasilan dalam proses tersebut. Ketika istri dilanda baby blues, saat ia tak percaya diri karena kualitas dan kuantitas ASI-nya diragukan, kamilah tempat ia bersandar. Saat ia jenuh dan lelah mengurus anak, saat itulah kami bisa berperan dan menggantikan.

Seiring perjalanan kami dalam mendukung proses pemberian ASI, kami jadi banyak belajar tentang seluk-beluk menyusui. Kami belajar memisahkan mana info yang benar, mana yang sekadar mitos. Kami jadi paham apa saja yang dibutuhkan dan bisa kami lakukan agar produksi, pemberian ASI, dan manajemen ASI Perah lancar.

Cerita-cerita kami dalam mendukung dan mendampingi istri serta pengetahuan kami seputar pemberian ASI kami himpun menjadi buku ini. Kami bukan ahli; justru berawal dari kesalahan yang berujung kesadaran, kami ingin dengan catatan ini ada lebih banyak pihak yang peduli tentang ASI dan menyusui, terutama para ayah.

Catatan AyahASI: Kami Bukan Ahli, Cuma Mau Berbagi

source: goodreads.com

Catatan Ayah ASI

Dan pemenang atas kejutan dari mimin yaitu ….
Jeng jeng jeng
Berikut jawabannya:
1. Apa yang kamu pikirkan tentang Ayah ASI?
Menurut saya, Ayah ASI atau breastfeeding father adalah kombinasi pikiran dan tindakan seorang ayah dalam mendukung 100% proses menyusui istri kepada anak, dalam bentuk materiil maupun moril. Ayah ASI harus selalu siaga dan menjaga ketenangan serta kondisi hati yang senang pada istri, agar ASI yang dikeluarkan ibu banyak, lancar dan tercapai bonding antara ibu-anak-ayah.
2. Bagaimana mengajak Suami (bagi perempuan) atau diri sendiri (bagi laki-laki) untuk menjadi ayah ASI?
Istri bisa berkomunikasi dengan suami jauh hari sebelum merencanakan memiliki anak dan saat hamil. Memberikan artikel tentang artikel parenting dan proses menyusui (untuk dibaca dan dipahami bersama), memberitahukan apa saja preferensi istri (hal-hal atau perlakuan yang membuat istri senang, dll).Β 
Untuk suami, belajar dari sumber-sumber di majalah, buku, internet, orang lain yang sudah berpengalaman.Β Selain itu full memberi dukungan kepada istri, menyediakan makanan dan minuman sehat untuk istri, mendengarkan keluhannya dan menghiburnya, membantu menggendong anak, menyendawakan setelah menyusui, memandikan anak, membuat makanan pendamping ASI, dan lain-lain.Β Mencoba menyadarkan diri sendiri pentingnya menjadi ayah ASI untuk masa depan anak dan keluarga.Β 
3. Jika Ibu sedang Menyusui sambil tiduran di kamar, maka ayah sebaiknya me…
Menemani dan menyediakan situasi yang mendukung kenyamanan hati dan fisik istri, bersiap jika istri minta tolong apa saja.
Kesimpulannya:
Happy daddy -> happy mommy -> happy kids :))
Selamat kepada Kak Kenniko πŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽŠπŸŽŠπŸ’ƒπŸ»πŸ’ƒπŸ»πŸ’ƒπŸ»πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘
Berhak mendapatkan hadiah sebuah buku dari mimin.
Silahkan japri mimin yaaa~~
Malam Senin, kami menyimak bersama diskusi FIM Club. Tiba-tiba sebelum diskusi dimulai, ada pertanyaan dari si mimin grup. Saya pun memotivasi suami agar dia menjawab 3 pertanyaan tersebut. Karena biasanya, ga banyak yang niat menjawab pertanyaan seperti itu. Akhirnya setelah membaca artikel, saya bantu suami untuk menjawab pertanyaan. Eh, alhamdulillah kok malah menang ternyata. Hadiahnya buku Catatan AyahASI. Sebenarnya suami sudah punya buku ini, namun dipinjam oleh temannya, dan belum dikembalikan. Nampaknya dia juga belum baca :)) Jadi, buku ini merupakan buku gratis ke-4 dalam sejarah kehamilan anak kami. Hehehe. Ternyata hamil banyak rejeki juga, ya. Semangat mempersiapkan kelahiran si jabang bayi!
Notulensi tentang diskusi di grup ini akan di-post kemudian.

Kalau kamu ingin baca tulisan-tulisan saya yang lainnya, bisa baca daftar tulisan saya di: Daftar Isi

Download E-book gratis di: twinpath.kindipress.com/downloads

Dapatkan update info terbaru tentang ide-ide dari saya dan suami di medium.com/ersti-ken

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: