Empat Anak (Mungkin) Cukup

Bismillah.

Kemarin saya baru saja membaca ulang buku Sehat dan Sukses Pranikah terbitan Pro-U Media. Buku itu saya beli di Islamic Book Fair di Surabaya beberapa tahun lalu. Ya, dulu sebagai jomblo berkualitas, saya merasa harus meng-upgrade diri dengan banyak bacaan yang oke dong, sebelum memiliki pasangan halal di kemudian hari.

Singkat cerita, saya membaca ulang buku itu karena akan saya jual. (Lho, mengapa bukunya dijual?) Saya sedang dalam program beres-beres rak buku dalam rangka pindahan, ingin cari duit, juga ingin agar manfaat buku tersebut tidak hanya untuk saya saja. Hehehehe.

Siang itu saya membaca buku tersebut bersama suami di ruang tengah. Lalu dia menyeletuk, “Eh buku itu, aku kan juga punya di rumah(ku).” Oh iya, saya baru ingat kalau suami juga pernah bilang punya buku itu. Namun, saya lupa. Lalu dalam hati saya bersorak, “Yeey, berarti walaupun bukuku aku jual, ga rugi lah, kan si dia punya juga.”

Saya lalu membaca bab-bab akhir buku tersebut dan sampailah pada tulisan bahwa usia produktif seorang wanita ialah 20-35 tahun. Yang berarti bahwa usia tersebut aman untuk hamil dan melahirkan. Di sana juga disebutkan bahwa jarak ideal antaranak ialah 3 tahun.

Saya mulai menghitung usia saya saat ini dan kira-kira berapa kali saya bisa hamil dan melahirkan. Usia saya saat ini 23 tahun, berarti masih ada 12 tahun lagi sisa usia produktif. Kalau jarak ideal antaranak ialah setiap 3 tahun, berarti kemungkinan saya bisa memiliki 4 anak.

Hmmm.. jumlah yang tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak sih, menurut saya. Ideal. Tapi sudah barang tentu ini adalah perhitungan ideal manusia semata. Entah Allah menakdirkan kami memiliki berapa anak semasa hidup kami, tentu akan kami terima dengan senang hati.

Beberapa hari kemudian saya berkata tentang hal itu pada suami. Ia pun mengangguk setuju. Ingatan saya pun tertuju pada curriculum vitae yang kami buat dulu saat proses ta’aruf (perkenalan). Di sana kami sama-sama menyebutkan tentang keinginan memiliki 2-3 orang anak. Hehehehe.

Ah, gapapa lah nambah satu anak lagi. Biar lebih banyak yang doain saya dan suami, biar lebih banyak muslim/ah di dunia ini yang bisa menyebarkan agama Islam.

Saat ini baru sekali hamil dan akan sekali melahirkan. Walaupun di awal kehamilan ini terasa sulit, tapi kata orang-orang sih bakalan ketagihan hamil. Hmm, let’s see. Doakan kami agar bisa melahirkan dan membesarkan generasi yang shalih dan shalihah, ya. Aamiin.

Surabaya, 16 Maret 2016

Dari seorang calon ibu yang baru saja selesai mengerjakan tugas lalu ingin menulis apa saja di halaman Tumblrnya.

Kalau kamu ingin baca tulisan-tulisan saya yang lainnya, bisa baca daftar tulisan saya di: Daftar Isi

Download E-book gratis di: twinpath.kindipress.com/downloads

Dapatkan update info terbaru tentang ide-ide dari saya dan suami di medium.com/ersti-ken

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: