Fitrah Seksualitas di Usia Pre-Aqil Baligh – Tantangan IIP Day 9Β 

Media Edukasi

Video tentang Pubertas: https://youtu.be/-cbBiZ-IxFg

Tanya-Jawab
1.
Anak sy mmg blm remaja, sy pgn tau, biasanya permasalahan remaja d rumah itfu apa sj ya mba yg bikin orgtua deg deg ser 😁

βœ… anak2 masa pubertas adl anak2 yg mulai mencari jati diri
~ emosi tidak stabil
    mudah tersinggung atau marah
    mencari kasih sayang dr org2 terdekat
~ mulai tertarik dgn lawan jenis
~ rasa ingin tau yang besaaaar
~ tak ingin tergantung pada org tua

~Pornografi yg juga dinilai menyerang anak usia aqil baligh sbg konsumen loyal.

Jadi tantangannya susah diajak komunikasi kalau kita sbg ortu tidak menempatkan setara dgn anak.

Share pengalaman Bunda Olik beserta putra/putrinya :
Dulu saat anak2 msh kecil, punya anak laki2 terasa lbh β€œaman”. Karena secara fisik mengasun anak perempuan harus lbh berhati2.
Namun saat ini punya anak laki2 ternyata 2 kali lipat harus lbh waspada, lebih nderedeg sehak kasus serangan LGBT jadi trend diseluruh dunia. Khususnya gay, penularan lifestylenya lbh masif dan terorganisir.

2.
Apakah mmg bnr ya dr pengalaman yg pny anak remaja, jika fitrah2 itu tdk terpenuhi maka akan ada penyimpangan… Dan akan ada krjakeras lgi utk memperbaikinya?

βœ… Ini sifatnya kasuistik. Tidak bisa dipukul rata. Krn tidak terpenuhiny fitrah2 seksual setiap anak pasti berbeda dengan anak yang lain.
Banyak faktor yang mempengaruhi sprti sifat anak, pola komunikasi anak, pola pengasuhan ortu dan juga faktor keterlibatan lingkungan dimana anak tumbuh dan berkembang

3.
saya mau curhat atau tanya ini ya…

anak saya menjelang baliq… dia belom mens tapi sudah bingung pengen mens…

tanya tanya ke saya… browsing di you tube dan gugel ttg bagaimana menghadapi mens pertama nanti dll

belom tumbuh payudara saja dia sudah merasa payudaranya besar.. padahal pas tak colek, geli bukan sakit… berarti kan belom

nah akhir akhir ini kayaknya baru mulai sakit krn kalau kesenggol dikiiiiit aja dia teriak aduh…

trus dia juga tanya, ibu duluan mana mens sama tumbuh pubis?
ini soalnya aku kayaknya sudah mulai tumbuh pubis

kan payudaraku sudah, pinggulku juga sudah, pubis juga sudah, kapan aku mens? πŸ€¦πŸ»β€β™€

pinggulmu sudah apa sash?
sudah lenggok ibu… aku baca katanya begitu…
wkwkwkw ibunya aja gak paham ttg itu…

bahkan pernah dia bilang ingin nyoba pakai softex

ya sudah saya kasih aja nyoba pakai pantyliner…

seneng banget dia… rasa penasarannya terpuaskan… wkwkkw

tidak apa apakah yang saya lakukan ini?

βœ… Yang sudah dilakukam benar tetap menjadi teman curhat yang baik, memberi persiapan jikalau anak akan mengalami menstruasi dengan memberikan pengetahuan bgmn menggunakan pembalut,cara membersihkan dan mandi junub…beri pengertian bahwa semua pasti mengalami perubahan pubertas namun waktunya semua orang tidaklah sama tapi semua tetap menjadi normal-nomal saja …batasannya 17 th baru periksa ke dokter

4.
Curhat dong, adiknya suami kan skrg sudah SMA kelas 2. Itu kok ngga berani Deket sm cewek 😱
Makan minta disuapin
Bahkan ke kamar mandi aja minta antar ibu mertua sayaa
Apakah ini termasuk menyimpang?
Dideketin cewe gt malah kabur
Mertua pernah liat sendiri ada teman ceweknya ngajak salaman tangannya adik lgsg gemetaran
Mertua sy takut adik menyimpang
Lalu apa yg harus dilakukan?

βœ…
Termasuk peterpan syndrome…Ya ibunya harus tega, jangan melulu melayaninya. Kalo d framework FBE, sarannya bisa dititipkan ke keluarga yg shalih

tips dari psikolog pak okta :
1. bicara pada kondisi rileks dan santai ..jalin kedekatan dulu dengan anak
2. ajak diskusi tentang study kasus yg ingin kita diskusikan
3. baru menanyakan hal2 lebih spesifik … bertanya apakah dia sudah tau…apa pendapat dia ttg hal tersebut..jadilah pendengar yg baik dulu
4. baru masuk … sharing info dgn kata ” mama pernah baca ….
” ini bukunya…
bisa ditunjukkan buku atau media lain
5. berdiskusi layaknya temannya bukan gurunya 😁
6. jika anak mengalami atau melakukan sesuatu yg tidak kita duga tidak usab panik dulu berpikir positif bhw anak sudah mau terbuka dan kita bisa melakukan tindakan pertolongan selanjutnya
sy udh coba ke ank2 hasilnya lebih masuk

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.