House of Sampoerna, Wisata Nasional Bergaya Internasional

 
HOUSE OF SAMPOERNA, 
WISATA NASIONAL BERGAYA INTERNASIONAL
                “Ikut gue ke Surabaya yuk!” ujar Atik, salah seorang mahasiswi asal kota Bonek yang menempuh studi di Universitas Indonesia kepada sahabatnya, Eci, orang Jakarta tulen.   
           “Ngapainke Surabaya? Surabaya punya apa lagi emang? Tugu Pahlawan? Kebun Binatang Surabaya? atau Tunjungan Plaza? Basi ah, udahpernah gue cobain semua!” jawab Eci.
            “Udah ikut aja, ntar gue tunjukin satu tempat buat #TravelAsyik di Surabaya! Dijamin ga nyesel!” balas Atik. 
***
            Atik dan Eci sampai di Surabaya setelah selama 45 menit duduk manis di maskapai penerbangan berlogo burung garuda. Atik pun menggaet tangan Eci yang berjalan dengan sangat lambat sejak turun dari pesawat. Eci benar-benar malas pergi ke Surabaya.
            Jam tangan Atik menunjukkan pukul 8 pagi. Atik sengaja memesan tiket keberangkatan pagi agar tidak terlalu siang sampai di Kota Pahlawan. Ia bermaksud menunjukkan sebuah destinasi wisata yang pastinya asyik, gaul, bin oke punyayaitu House of Sampoerna (HoS). HoS memang hanya ada di Surabaya. 
08.15 WIB
            “Pak, ke Jalan Taman Sampoerna nomer 6, ga pake lama.”
            “Iya neng geulis, rebeeess…”
 
Lokasi House of Sampoerna: Jalan Taman Sampoerna No. 6 Surabaya
(c) Google, 2012
Taksi itu pun melaju kencang seperti sedang mengangkut ibu hamil yang keburu melahirkan.
            “Sampoerna itu nama perusahaan rokok, kan?”
        “Iya, Sampoerna itu salah satu perusahaan rokok paling tua dan yang pertumbuhannya paling cepat di negara kita.
            “Jadi lo mau ngajak gue ngerokok di taman? Ogah!”
            “Let’s see…
***
            Eci dan Atik bersahabat sejak duduk di bangku kuliah hingga hampir lulus di Universitas Indonesia. Mereka sama-sama suka travelling, wisata kuliner, dan membaca. Namun, dua cewek berkacamata itu belum pernah travellingberdua ke Surabaya. Liburan semester ini, Atik ingin memperkenalkan kota kelahirannya kepada Eci.
09.00 WIB
            Taksi pun berhenti di depan sebuah kompleks bangunan besar. Letaknya di Surabaya Utara, yang biasa disebut kawasan ‘Surabaya lama’.

Main Entrance: Empat pilar berbentuk seperti rokok. *)
            “Gila, ini tempat yang lo bilang tadi? Berasa balik ke zaman penjajahan Belanda, nih.”
            “Namanya House of Sampoerna. Dulu bangunan ini adalah panti asuhan laki-laki yang dikelola pemerintah kolonial Belanda tahun 1862.”
            “Waah!”
          “70 tahun kemudian, bangunan ini dibeli oleh Pak Liem Seeng Tee, pendiri Sampoerna. Untuk lebih lengkapnya, mari ikuti saya.”
            “Berasa tour guide lo.” Eci pun akhirnya tertawa sambil berlari kecil mengikuti Atik yang memasuki entrancegedung tersebut.
            “Bis merah lucu mirip trem ngapain nangkring di situ?”
         “Entar lo juga bakal ngrasainnaik bis lucu imut itu keliling Surabaya lama. Gue pesen dulu. Makanya gue tadi minta cepetan sampe ke sini, kalo ga, kita bisa keabisan tiket. Kloter pertama mulai jam 10.00 sampai jam 11.30. Ntar kita bakalan disebut tracker kalo udah naik ke bisnya.”

Bis Merah Surabaya Heritage Track *)
        Atik pun segera memesan tiket Surabaya Heritage Track (SHT) untuk kloter pertama. Beruntung mereka masih mendapat tempat. Banyak sekali peminat SHT setiap harinya. Seringkali, bule-bule juga ikut ngetrack di sana.
         “Hello world, we are trackers!” ujar Atik sambil menyerahkan tiket dan peta rute city sightseeing tour kepada Eci.
***
09.30 WIB
            Sembari menunggu bis merah berangkat pada pukul 10, Atik pun mengajak Eci masuk ke bangunan utama HoS.
            “Kalo masuk mesti ngetok dulu nih?”
       “Ini bangunan utama HoS. HoS itu museum. Di dalamnya banyak spot unik buat diabadikan,” jelas Atik. Eci yang mudah terharu pun tak kuasa menahan air mata lebay saat mencium harumnya bau tembakau, melihat kolam ikan, serta banyak benda-benda bersejarah di sekitarnya. Ada motor antik, replika warung bambu kuno Pak Tee, foto-foto dan lukisan, perapian, tong berisi cengkeh, dan lain-lain. Tata cahaya di dalam ruangan tersebut pun mendukung suasana penuh haru.
 
Kolam ikan di bagian Entrance *)

 

Foto Pak Liem Seng Tee dan istrinya *)

 

 
Beberapa barang antik yang ada di HoS *)

Spot Interaktif *)

 

Delman *)

Bule dari Cina numpang eksis! *)
Foto-foto lama kegiatan Sampoerna *)

 

Buku-buku bersejarah *)

 

            Dilanjut ke dalam, Atik pun memotret wajah Eci yang sangat terharu melihat instrumen marching band yang mengingatkannya saat ikut marching band di SMP dahulu. Eci pun lebih terharu lagi ketika melihat peralatan-peralatan tua untuk membuat rokok.

Instrumen Marching Band *)
         “Jangan lama-lama terharunya. Kurang 15 menit lagi. Ayo ke lantai 2! Dijamin lebih mewek!”

Tangga menuju lantai 2. Tampak jendela berkaca patri di sisi kiri. *)
            “Woohoo!” Eci berteriak hingga pandangan manusia seisi ruangan tertuju padanya.
         “Beneran tuh ibu-ibu pada bikinrokok? Kayak robot, ya? Cepet banget ngelinting rokoknya! Terharu gue.”
            “Mereka bisa ngelinting rokok hampir 325 batang tiap harinya.”
            “Sayang banget kalo ga difoto.” Eci lalu memotret para pekerja tersebut.
      Atik pun segera merebut kamera Eci dengan seksama, karena di lantai 2 tidak diperbolehkan memotret.

Karyawan wanita melinting rokok.
Video by Eastjava.com
***
            “HoS ga cuma punya museum yang asyik, lho.”
            “Oya? apalagi?”
            “Ada buku Hikajat Soerabaja Tempo Doeloe jilid 1-3. Baca aja. Juga ada souvenir-souvenir keren a laSurabaya!”
            “Keren, ada batik, kartupos, kerajinan tangan, buku, aaa… baju-bajunya keren. Kreatif banget ya. Beliin guesatu baju, dong.”
            “Pake duit bapak lo?”
            “Boleh deh pake duit sapa aja, asal jangan duit gue. Haha.”

Souvenir yang dijual di HoS.
Video by Eastjava.com


***

09.50 WIB
            “Kalo kita udah balik dari ngetrack, masih bisa main-main di sini lagi. Kan buka dari jam 9 pagi – jam 10 malam.” ujar Atik.
            “Wowasyik banget! Eh, tadi bis gratis? Sumpe lo?”
            “Sumfa, ane jujur!”
Mereka pun turun kembali ke lantai 1, berfoto sebentar di depan peta Indonesia, memotret koleksi rokok yang ada di sana, serta tak lupa masuk ke kamar mandi yang tak kalah menarik dibanding isi museumnya.

Peta Persebaran Sampoerna di Indonesia*)
Peta Indonesia, lebih dekat*)
Rak berisi rokok *)
Beberapa souvenir yang dijual di HoS *)
            “Tik, cepetan yuk ke bis!”
            “Oke. Ada apa lagi selain bangunan utama ini?”
       “Ada A-Café bergaya art deco. Ada juga gallery juga buat memamerkan karya-karya seniman Indonesia. Kadang juga tempat ini dipake foto prewedding. Ntar lo foto di sini aja,” canda Atik kepada Eci.
 
Suasana entrance HoS yang sering digunakan untuk foto prewedding *)
Video by Eastjava.com
Lalu mereka pun berjalan menuju bis merah yang siap melaju mengelilingi Surabaya lama.
            “Ada dua jenis tur, yang short tripdan long trip. Kadang ada juga Tur Tematik pada hari-hari khusus. Seperti tur ke masjid-masjid bersejarah atau pabrik-pabrik tua di Surabaya. Khusus hari Senin libur. Nanti kita berhenti di Gedung PTPN XI dan Tugu Pahlawan,” jelas Atik.
            Eci pun mengangguk-angguk.
Jadwal keberangkatan bis SHT
http://heritage-hossurabaya.blogspot.com/2010/06/route-of-sht.html
11.30 WIB
Bis kembali ke HoS. Atik dan Eci pun lapar dan masuk ke café. Mereka memesan Fried Oxtail Soup dan Fried Rice. Mereka pun berbincang seru sambil merangkum perjalanan mereka hari ini.
            “Kenapa lo ga bilang dari dulu kalo ada tempat semengharukan ini? Bisa jalan-jalan seru bin edukatif kayak gini,” ujar Eci.
            “Coba ajasemua museum seasyik ini, dijamin ketagihan ke museum tiap hari. Sayangnya gue baru sempet ngajak lo ke Surabaya bareng pas kita udah mau lulus.”
            “No problem, it will be our unforgettable moment in Surabaya before our graduation.
            “Yeah!” teriak mereka berdua bersama.

Art deco style. A cafe. House of Sampoerna.
http://interiordesignhouses.com/wp-content/uploads/2010/08/House-of-Sampoerna.jpg
A cafe. House of Sampoerna.
Video by Eastjava.com
***
Tulisan ini dibuat untuk mengikuti #TravelAsyik dari http://anakasyik.com berhadiah jalan-jalan bareng @TrinityTraveler. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan merupakan jiplakan.
 
“A wise traveler never despises his own country.” – Carlo Goldoni
 
Peserta Lomba #TravelAsyik,
 

 

Adiar Ersti Mardisiwi
 
*) Foto-foto dokumentasi pribadi, Januari 2011

Kalau kamu ingin baca tulisan-tulisan saya yang lainnya, bisa baca daftar tulisan saya di: Daftar Isi

Download E-book gratis di: twinpath.kindipress.com/downloads

Dapatkan update info terbaru tentang ide-ide dari saya dan suami di medium.com/ersti-ken

1 Comment

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: