Jadi Bunda Imajinatif, Bagaimana Caranya?

Camilan Rabu #10.3

💡Tips Praktis Menjadi Bunda yang Kaya Imajinasi 💡

Pernah mendengar deretan animasi Finding Nemo, Toys Story ataupun Piper ?

Animasi tersebut adalah sebagian karya produktif dari Rumah Produksi Pixar Animation Studios. Karya-karyanya menjadi favorit (terutama di kalangan anak-anak) dan memiliki kekuatan pesan serta alur cerita yang memanjakan imajinasi para penggemarnya.

Nah…. menurut Bunda apa yang menjadi rahasia kesuksesan Pixar dalam melahirkan karya-karya hebatnya?

Inside Out!

Ya betul, berpikir kreatif dan inside out adalah kunci utama kesuksesannya. Membebaskan pikiran dan imajinasi sehingga lahirlah beragam dan banyak ide, yang kemudian memperkaya karya Pixar. Dibuktikan dengan karakter-karakter atau inspirasi cerita baru dalam setiap animasinya.

Bagaimana dengan tantangan game level 10 kita?

Menarik bukan?

Dalam camilan 10.3 ini, kami mencoba menyajikan tips menjadi bunda yang kaya imajinasi dan menyenangkan, agar anak-anak juga menyukai beraneka cerita yang Bunda tuturkan pada mereka.

1# Bertuturlah dari hati

Ini hukum pasti, sesuatu yang berasal dari hati, maka akan sampai ke hati. Sehingga, yang diharapkan dari penuturan cerita kita adalah sampainya pesan positif yang ingin kita tanamkan ke sanubari anak-anak.

2# Bebaskan Imajinasi dan Bangun Dunia Fantasi

Dunia imajinasi hidupnya di alam pikiran kita, namun kita pun dapat membuatnya hidup di alam nyata. Dengan membebaskan imajinasi maka akan berpeluang hadirnya beragam ide. Ketika anak-anak membangun dunia fantasinya, maka terlibatlah secara aktif didalamnya bersama anak.

3# Rasakan-Hayati-Nikmati

Rasakan dunia fantasi yang telah Bunda bangun bersama anak-anak, hayati secara mendalam seolah-olah hal tersebut menjadi nyata, mainkan imajinasi kita agar alur cerita bisa dinikmati bersama.

4# Persiapkan dan Latihan saat Waktu Luang

Saat memilih menuturkan sebuah kisah, tentu Bunda memerlukan persiapan. Tujuannya agar Bunda dapat mengatur tema, alur, karakter dan plot kisah. Kemudian mendalaminya serta memilih media cerita (buku, video, rekaman suara, teater). Berlatihlah di waktu luang agar lebih menghayati peran dan karakter tertentu.

5# Ekspresif

Kemukakan gagasan, cerita atau perasaan dalam ekspresi yang pas. Sesuaikan pula dengan genre ceritanya, apakah humor, detektif / misteri, melodrama, heroik. Intonasi dan ekspresi Bunda turut memberi kontribusi besar dalam menghadirkan cerita yang berkesan mendalam bagi anak-anak.

Sebagai sebuah contoh; berikut kisah yang inspiratif, tentang perjuangan Piper si burung kedidi (sandpiper) mengalahkan rasa takutnya melalui proses belajar yang alami. Klik link berikut https://www.youtube.com/watch?v=DGeTa4v-LdA

Semangat menjadi bunda yang kaya imajinasi, demi melahirkan generasi yang kreatif!

Salam Ibu Profesional,

Tim Fasilitator Bunda Sayang#1

Referensi :

https://www.brilio.net/film/-7-film-pendek-buatan-pixar-ini-singkat-tapi-penuh-makna-170123y.html

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.