Laktogenesis [by supermomwannabee]

supermomwannabee:

Selamat jumpa lagi di #MingguEdukASI (calon) Ayah dan Bunda cerdas dan hebat. apa kabar hari ini? šŸ˜€

Hari ini kita akan membahas tentang Laktogenesis alias tahapan-tahapan dalam produksi ASI

Laktogenesis Tahap I

Ini nih tahap seorang calon ibu mulai menghasilkan ASI, yaitu dimulai sejak trimester kedua kehamilan. Ā Namun biasanya jumlahnyamasih ditekan oleh hormon progesteron, jadi saat hamil biasanya ASI belum keluar. Meski begitu, beberapa ibu hamil ada yang mulai mengeluarkan ASI mendekati masa melahirkan. Selama masa kehamilan dan di dua hari pertama setelah kelahiran, produksi ASI masih dikontrol oleh hormon. Saat ibu melahirkan dan plasenta lepas dari rahim, kadar hormon progesteron menurun dan ini memicu meningkatnya hormon prolaktin yang bekerja untuk memproduksi ASI. Ā Jadi sebetulnya kolostrum dihasilkan otomatis oleh tubuh ibu, tanpa terpengaruh oleh demand/kebutuhan bayi karena adanya kontrol dari hormon ini. Inilah fase yang disebut sebagai Laktogenesis Tahap Pertama. Jumlah kolostrum memang sedikit, tetapi itulah jumlah yang diperlukan bayi pada hari-hari awal kehidupannya dan cukup untuk membuat kenyang perutnya yang volumenya hanya sebesar kelereng.

Laktogenesis Tahap II

Setelah jam-jam awal melahirkan, level hormon progesteron terus menurun dan hormon prolaktin terus meningkat naik. Ā Kondisi inilah yang memicu keluarnya ASI lebih banyak. Fase ini disebut Laktogenesis Tahap Kedua. Laktogenesis tahap kedua mulai terjadi pada 30-40 jam setelah melahirkan atau umumnya sekitar hari ke-3 dan ke-4 setelah melahirkan. Di fase ini biasanya ibu mulai panik karena merasa di hari pertama dan kedua ASI ā€œbelum keluarā€, tetapi tiba-tiba di hari ke-3 atau ke-4 payudara mulai membengkak. Ā Fase ini adalah fase Ā kritis dalam produksi ASI. Mengapa?

Di dalam payudara terdapat yang namanya ā€œpenerima prolaktinā€. Penerima prolaktin ini yang beredar agar prolaktin dapat memproduksi ASI. Jika ibu tidak menyusui sesering mungkin, maka penerima prolaktin ini tidak akan bekerja optimal sehingga hormon prolaktin-nya akan kembali menurun. Ā Jika hormon prolaktin terus menurun, maka payudara secara perlahan dapat berhenti menghasilkan ASI matang (ASI yang keluar sesudah kolostrum). Tahap kedua ini biasanya terjadi hingga hari ke-8 setelah melahirkan. Tahapan ini sebetulnya juga masih dikontrol oleh hormon, tetapi jika ibu tidak menyusui sesering mungkin, kinerja hormon akan terhambat dan akan mengalami kesulitan ketika memasuki tahap yang berikutnya.

Laktogenesis Tahap III

Tahap ini biasanya dimulai di hari ke-9 setelah melahirkan hingga bayi disapih. Produksi ASI mulai sepenuhnya mengandalkan skema supply dan demand. Semakin sering bayi menyusu, maka produksi ASI akan terus meningkat.

Nah sudah tau kan sekarang tahapan-tahapan dalam produksi ASI?

Selamat menjadi Ayah dan Ibu yang cerdasā€¦ (dp)

Sumber: AIMI

Kalau kamu ingin baca tulisan-tulisan saya yang lainnya, bisa baca daftar tulisan saya di: Daftar Isi

Download E-book gratis di: twinpath.kindipress.com/downloads

Dapatkan update info terbaru tentang ide-ide dari saya dan suami di medium.com/ersti-ken

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: