Masculine Bonding [by supermomwannabee]

supermomwannabee:

Setiap ayah pasti punya caranya sendiri yang khas untuk menjalin keakraban dengan anaknya. Ayah dapat menjalin ‘bonding’ sejak bayi masih dalam kandungan dan terlibat langsung selama proses kelahiran. Nah, apa dan bagaimana yang bisa ayah lakukan dalam mengurus dan merawat bayi sehari-hari?

🐝 Bangun malam
Menemani ibu memberi ASI pada malam hari atau memberi ASIP saat ibu bergiliran tidur.
🐝Mengganti popok
Aktifitas ini memerlukan kejelian khusus ketika mengangkat tubuh bayi dan membersihkan kotorannya. Kontak fisik tsb akan membuat ayah dan bayinya lebih mengenal satu sama lain.
🐝Bicara dan bercerita
Ceritakan aktifitas ayah selama di kantor atau dengan membacakan buku cerita. Meskipun bayi belum memahami kalimat ayah namun ia akan merekamnya dalam alam bawah sadar. Lama kelamaan bayi dapat menunjukkan respon yg tepat seakan-akan mengerti apa yg diucapkan. Komunikasi timbal balik itulah yang akan menumbuhkan ikatan batin yg kuat antara ayah dan bayinya.
🐝Memandikan
Saat memandikan akan terjadi kontak secara langsung melalui usapan tangan saat menyabuni dan membilas tubuhnya. Riset dari University of Central London menunjukkan bayi yg tidak pernah dimandikan oleh ayah di bulan-bulan pertama kehidupannya akan mengalami masalah pertemanan saat bersekolah.
🐝Berfoto berdua
Foto berdua dengan si kecil akan membuat ayah mengetahui tahap perkembangannya seperti tersenyum, merangkak dan langkah pertama. Momen berdua tersebut akan menjadi kenangan manis dan merupakan salah satu bukti kedekatan ayah dengan si kecil.

Bonding antara bayi dan ayahnya selama 3 bulan pertama dalam kehidupannya memiliki dampak yang penting terhadap kehidupannya kelak seperti jarang memiliki masalah perilaku sosial dengan teman-teman di sekolah, begitupun saat dewasa dan bekerja. Mereka juga tumbuh menjadi pribadi-pribadi yang bahagia (Dr. Paul Ramchandani, Journal Child Psychology). (ay)

Sekian dan semoga bermanfaat 😊

Sumber : majalah ayah bunda

💐Supermom’s Note💐
Edisi #AyahKeren 6 Desember 2015

Follow us :
❄twitter : @supermom_w
❄fanpage fb : supermom wanna be
❄ tumblr : supermomwannabee.tumblr.com
❄instagram : @supermom_w

Kalau kamu ingin baca tulisan-tulisan saya yang lainnya, bisa baca daftar tulisan saya di: Daftar Isi

Download E-book gratis di: twinpath.kindipress.com/downloads

Dapatkan update info terbaru tentang ide-ide dari saya dan suami di medium.com/ersti-ken

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: