Mau Bahagia? Biasakan Makan Sehat

Hola. Kembali lagi dalam serial belajar bahagia Happymorphosa bersama Adjie Santosoputro! Hari ini saya mau share materi yang nampar banget. Materi ini terkait sama artikel blog saya tentang Food Combining Itu Gampang. 

KEBIASAAN MAKAN SEHAT
4 – Happymorphosa Juni – Catatan Makan Sehat

Tujuh hari setelah bapaknya meninggal dunia, seorang teman saya menceritakan kenangan bersama bapaknya sebagai obat rasa kangen kepada almarhmu. Sebagian kenangan memang memancing tawa, namun ada juga yang membuatnya bersedih. 

Menurutnya, setelah ada beberapa hasil medical check up yang tidak sesuai dengan batas normal manusia sehat, almarhum tidak berusaha menjaga pola makannya. Malahan, almarhum agak nyeleneh. Makanan yang sudah pasti tidak baik buat kesehatannya, dengan sengaja dinikmatinya. Apalagi kalau tidak ada yang mengawasinya. Kalau ketahuan, alasan yang seringkali digunakan, “Cuma sedikit kok. Kan kepingin nyicipi, masak enggak boleh?”

Makan sehat. Bukan hanya untuk orang sakit, makan sehat sudah pasti penting juga untuk orang sehat, dalam rangka menjaga kesehatannya. Namun lucunya, sebagian orang ingin sehat dan langsing, tapi tidak mau makan sehat. Mereka inginnya makan apa saja yang memanjakan lidahnya, dan tetap sehat serta perutnya tidak membengkak. Ini keinginan yang berlebihan dan tidak mungkin.
Makan sehat juga perlu dilakukan dengan hati gembira. Bukan sesuatu yang dipaksakan. Berlaku juga di ranah selain makan sehat, merasa terpaksa akan membuat perubahan tidak bisa bertahan lama.

Apa hubungannya makan sehat dengan belajar bahagia?
Makan sehat bukan semata supaya bentuk tubuh sesuai yang diidam-idamkan. Namun, makan sehat adalah bagian dari upaya untuk bersikap ramah kepada tubuh sendiri. Dan ramah serta berdamai dengan diri sendiri adalah bagian dari belajar bahagia. Makan sehat membantu mempertahankan suasana hati yang baik. Enggak mudah bad mood. 

Layaknya mandi supaya tubuh tidak berdaki, gosok gigi supaya mulut tidak bau dan gigi tidak sakit. Makan sehat pun termasuk upaya merawat diri sendiri, supaya tubuh tidak sakit dan energi tubuh tetap terjaga. Karena kalau tidak, akan berdampak pada hal-hal lainnya yang berkaitan dengan kebahagiaan. Makan sehat, merawat tubuh sebaik mungkin, adalah upaya yang indah untuk bersikap ramah kepada diri sendiri.

Berikut saran-saran sederhana membentuk kebiasaan makan sehat untuk permulaan. Diperbolehkan menambahkannya, asalkan tidak drastis dan tidak langsung berlebihan.
1. Menambahkan sayur di setiap menu makanmu
2. Makan beberapa buah setiap hari
3. Makan kacang mentah dan biji-bijian (whole grain)
4. Mengurangi porsi nasi di setiap menu makanmu
5. Minum air putih lebih banyak
6. Lebih sering makan di rumah dengan menu masakan rumah
7. Kalau makan di luar rumah, sebisa mungkin pesan menu yang mendekati menu makan sehat
8. Mentraktir teman dengan menu makan sehat
9. Belajar masak menu makan sehat
10. Makan perlahan dan berhenti sebelum terlalu kenyang
11. Tidak makan setelah pukul 8 malam
12. Porsi makan secukupnya dan dijaga porsi tersebut setiap makan
13. Tidak makan kalau tidak benar-benar lapar
14. Lebih memilih sayur, buah, kacang-kacangan, daripada nasi, daging, dan gorengan
15. Kurangi makan makanan manis dan gula
16. Kurangi minum minuman soda
17. Kurangi makan roti dan yang mengandung tepung
18. Daripada nasi putih, lebih pilih makan nasi merah
19. Kurangi makanan cepat saji (fast food)
20. Bawa bekal makan sehat kalau bepergian dan melewati jam makan
21. Satu hari dalam seminggu tidak makan daging
22. Kurang telur dan dairy product (bahan makanan yang berbasis susu)
23. Sebagai asupan protein sehat, makan tahu dan tempe (kalau bisa tidak digoreng)

Masih banyak saran untuk membentuk kebiasaan makan sehat. Daftar di atas hanyalah sebagian kecil saran yang sederhana. Tidak semuanya cocok untuk setiap orang. Temukan cara makan sehat yang kamu rasa sesuai dengan dirimu sendiri ya. Kebiasaan makan sehat ini hanya sebatas pengalaman saya, yang sampai sekarang saya pun masih berjuang untuk melakukannya. Saya menyadari setiap orang berbeda-beda, apalagi kalau ada kondisi-kondisi khusus terkait kesehatan. Tentunya tidak semuanya setuju dengan pelajaran makan sehat yang saya dapatkan dari pengalaman saya pribadi. Sederhananya, materi sesi online kali ini adalah ajakan untuk mulai makan sehat sebagai modal untuk berbahagia.
  – adjie santosoputro

Kalau kamu ingin baca tulisan-tulisan saya yang lainnya, bisa baca daftar tulisan saya di: Daftar Isi

Download E-book gratis di: twinpath.kindipress.com/downloads

Dapatkan update info terbaru tentang ide-ide dari saya dan suami di medium.com/ersti-ken

1 Comment

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: