Mendidik Anak Laki-Laki [by supermomwannabee]

supermomwannabee:

Dalam mendidik anak, Islam telah memberikan aturan-aturan tertentu yang berkaitan khusus dengan jenis kelamin anak. Nah, sebagai ayah tentu saja harus mengetahui apa yang perlu diperhatikan dalam mendidik anak laki-laki agar menjadi laki-laki sejati. Bagaimana pun juga, ayah adalah figur terdekat anak laki-laki yang menjadi role model baginya.

Salah satu hal yang diatur dalam agama kita yaitu terkait dengan berpakaian. Rasullullah SAW memerintahkan kaum lelaki untuk tidak menggunakan sutera dan emas. Oleh karena itu, jauhkanlah anak laki-laki dari mengenakan pakaian berbahan sutera. Membiarkannya memakai pakaian berbahan sutera akan merusak karakternya dan membuatnya bertabiat banci. Selain itu, perlu pula dijauhkan dari perbuatan liwath (homoseksual), minum khamar, mencuri dan berdusta.

Meskipun anak kecil belum terkena hukum taklif, orang tua tetap tidak boleh membiarkan anaknya melakukan sesuatu yang diharamkan. Karena jika dibiarkan akan menjadi kebiasaan yang sulit dihiangkan. Oleh karena itu, meskipun belum terkena hukum taklif tetapi dia disiapkan untuk menerima taklif. Sebagai contoh, anak tidak dibiarkan melakukan shalat tanpa berwudhu, dalam keadaan telanjang dan membawa najis.

Ayah haruslah memperhatikan urusan anak yang berkaitan dengan perbuatannya untuk memenuhi hak-hak Allah SWT. Anak-anak membutuhkan pendampingan dalam belajar agama agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan mengerjakan amal shaleh. Kelak, ayah dan ibu pula yang akan mengambil manfaat dari anak-anak yang shaleh. (ay)

Sumber : Menyambut Buah Hati _Ibnu Qayim Al-Jauziyah

::KULIAH SUPERMOM WANNABE::
Edisi ‪#‎AyahKeren‬ 16 April 2015

Follow Us:
* Tumblr: supermomwannabee.tumblr.com
* Twitter: @supermom_w
* Fanpage FB: Supermom Wannabe

Kalau kamu ingin baca tulisan-tulisan saya yang lainnya, bisa baca daftar tulisan saya di: Daftar Isi

Download E-book gratis di: twinpath.kindipress.com/downloads

Dapatkan update info terbaru tentang ide-ide dari saya dan suami di medium.com/ersti-ken

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: