Mengajarkan Muamalah untuk Anak Sejak Dini

Perhatian Rasulullah dalam membentuk anak dalam hal sosial maupun ekonomi terlihat jelas dalam bimbingan beliau. Sebab kegiatan berdagang akan memberikan gerakan sosial kemasyarakatan yang kuat pada anak. 
Manfaatnya bagi anak:

🌷Anak belajar berinteraksi dengan teman sebaya

🌷Membiasakan diri terus berkembang

🌷Memanfaatkan waktu untuk hal-hal berguna

🌷 Memperoleh kepercayaan diri

🌷 Belajar bersusah payah, terbiasa memberi dan menerima serta memahami kehidupan dengan baik dan benar. 

Rasulullah bahkan mendoakan anak kecil agar Allah memberikan berkah dalam usahanya untuk berdagang. 

Abu Ya’la dan Tabrani meriwayatkan dari Amru Bin Hutais bahwa “Rasulullah melewati Abdullah Bin Ja’far yang ketika itu sedang melakukan transaksi jual beli dengan anak-anak yang lain. Lalu berdoa, 

_Ya Allah, berkahilah transaksi jual belinya.

Anak yang mulia ini adalah anak dari paman Rasulullah. Rasulullah tidak merasa malu, namun justru mendoakan keberkahan untuknya.

Salam Ibu Profesional,
/Tim Fasilitator Kelas Bunda Sayang Nasional/

📚Sumber bacaan:

(Cara Nabi Mendidik Anak, Muhammad Ibnu Abdul Hafidh Suwaid, 2013)

***

Camilan di atas saya dapatkan dari Institut Ibu Profesional. Dalam rangka membersamai si kecil mengenal seluk beluk konsep rezeki dan uang, saya jadi baru tahu kalau mengajarkan anak berdagang sejak kecil itu penting banget. Kalau kita ingat, Rasulullah saja juga ikut pamannya berdagang di usia 9 tahun, bukan?

Walaupun si kecil belum saya latih untuk memproduksi sesuatu dan menjualkannya, tapi kami teringat aktivitas kami di bulan Ramadan lalu, yaitu mengajaknya jualan mendoan di bazaar kompleks. Dari situ dia melihat kami memasak mendoan, membungkus, menjualkan, serta makan mendoan bikinan kami sendiri. 

Memang belum sampai tahap dirinya menjual barang, ya. Tapi menurut saya dengan terbiasa ikut ayah ibunya berjualan apapun, baik berjualan buku maupun barang lainnya, dia jadi terbiasa dengan mental enterpreneur.

Nah, dalam rangka mengenalkannya pada aktivitas muamalah, mungkin agenda saya selanjutnya adalah beli buku Muamalah untuk Anak untuk mengenalkan tentang muamalah dalam Islam dan harta haram. Yuk kita buka muamalahanak.com. Ternyata lagi ada promo free notebook lucu seperti gambar di bawah. 

Berdasarkan info dari websitenya, sneak peek bukunya seperti ini:

“Buku pertama serial Muamalah Untuk Anak: Mengenal Buruknya Harta Haram. Disajikan secara ringan melalui cerita bergambar yang sarat dengan hikmah. Berisi 5 cerita tentang Zaid, keluarga dan sahabatnya, yang akan menceritakan kisah muamalah sehari-hari yang terjadi di tengah masyarakat, utamanya dalam ruang lingkup anak-anak dan keluarga.”
Menurut saya dari sekilas pandang, buku ini bagus banget. Apalagi waktu dulu sempat lihat PDF preview sample-nya, sayang belum sempat download. Ilustrasinya juga tidak menggunakan gambar makhluk bernyawa dan lucu abis, watercolor style gitu. Semoga diberi rezeki untuk memiliki buku ini deh. Aamiin.

Kalau kamu ingin baca tulisan-tulisan saya yang lainnya, bisa baca daftar tulisan saya di: Daftar Isi

Download E-book gratis di: twinpath.kindipress.com/downloads

Dapatkan update info terbaru tentang ide-ide dari saya dan suami di medium.com/ersti-ken

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: