Mengelola Keuangan Rumah Tangga dengan Aplikasi Keuangan di Gadget

Dua tahun berumahtangga, dua tahun pula kami jatuh bangun mengatur keuangan rumahtangga. Kalau dulu awal nikah, kami masih mencatat keuangan secara manual, pakai Microsoft Excel, mengumpulkan struk. Huhuhu sungguh melelahkan. Alhasil, harus login dulu di laptop. Kalau dari hape ngetik dan bikin grafik di excel kan capek. Kami bingung dan tetap saja bikin pencatatan keuangan pakai aplikasi semacam excel (Numbers) di Mac. Ternyata hasilnya tidak jauh berbeda. Saya masih capek dan malas buat login ke komputer. Sampai suatu hari suami saya menemukan solusi kemalasan saya…

Resolusi Keuangan Keluarga di Awal Pernikahan

Oya intermezzo, resolusi kami saat awal nikah pertengahan 2015 lalu adalah BEBAS RIBA karena dosanya ngeRIBAnget. Bebas kartu kredit, bebas asuransi, bebas hutang, dan juga bebas harta haram. Apalagi kami mau pergi ke Mesir waktu usia pernikahan kami baru 3 bulan. Jadilah kami takut kalau masih menyimpan harta yang tidak seharusnya diperbolehkan dalam Islam.

Kami menggunting dan membuang kartu ATM bank konvensional kami dan langsung membuat kartu ATM Bank Muamalat. Sepulang dari Mesir, kami juga membuat ATM BNI Syariah karena ATMnya bisa dari BNI juga dan mesin ATM-nya lebih banyak ditemukan di jalan. Setelah pulang ke Indonesia, kami pun menggunting kartu kredit yang kami punya dan berniat tidak daftar layanan asuransi apapun. Setakut itu kami sama riba ketika baru saja mendengar istilah riba. Tentang urusan ngerinya harta haram, akan saya jelaskan di artikel lainnya, in syaa Allaah.

OK sudah dulu nostalgia resolusi keuangan di awal nikah. Sekarang kembali ke topik yaitu aplikasi keuangan di gadget.

Pencarian Aplikasi Personal Finance atau Keuangan Pribadi di Gadget

Suami pun akhirnya mencari-cari aplikasi apa di gadget yang paling bagus atau direkomendasikan untuk mencatat keuangan keluarga. Ternyata ada 2 yang dia temukan, yaitu Spendee dan Money Lover. Kedua aplikasi ini memang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Tapi soal kekurangannya ga usah dibahas, ya. Karena setiap kita pasti memiliki kekurangan dan ga boleh diumbar, wkwkwk (bilang aja males nulisnya).

 

 

Di Mesir, kami menggunakan aplikasi Spendee. Secara umum, kami menyukai aplikasi ini karena sangat mudah, user interface-nya juga bagus, warnanya cerah tapi background-nya putih dan pink (clean). Tapi sangat disayangkan ga bisa input banyak wallet alias banyak pos keuangan. Jadinya pemasukan dan pengeluaran pun tercampur jadi 1 wallet. Kalau mau pakai banyak wallet harus upgrade ke layanan Premium dulu dan itu bayar. Hehehe. Tampilan Spendee app seperti ini, lho Moms! 

 

Tampilan Spendee App via appsaga.com

 

Laporan Keuangannya Bisa di-export ke Excel dan Dilihat Grafiknya

Dua aplikasi ini memang yahud, selain tabelnya bisa di-export ke versi Excel, kita juga bisa melihat grafik keuangan keluarga kita, entah per bulan atau per kategori. Jadi, bisa dilihat secara cepat, mana pos keuangan yang paling ‘bocor’ di keluarga kita nih. Biasanya sih konsumsi, ya. Hihihi. Godaan makanan zaman sekarang memang luar biasa, sih.

 

Struk Bisa Difoto!

Ini nih, biasanya emak-emak pada lupa di mana menyimpan struk belanjaan misal setelah pulang dari supermarket. Ketika disimpan, menggunung dan memuakkan untuk dilihat. Daripada begitu, mending difoto saja struknya, kemudian nanti dicatat lewat aplikasi. Jadi, setelah difoto, struk bisa kita buang saja. Tentu saja struk yang penting tetap disimpan, ya.

Overall, Mana Aplikasi yang Lebih Enak?

Sekarang kami ingin menjelaskan kemudahan teknologi untuk membantu pencatatan keuangan keluarga. Untuk mempermudah aktivitas catat-mencatat dan budgeting, keluarga kami menggunakan Money Lover App.

Sebelumnya saya sempat menggunakan Spendee App tetapi setelah dicoba saya lebih memilih Money Lover karena lebih simpel, mudah digunakan dan intuitif. Money Lover ini tersedia untuk Android dan iOS, juga tidak kalah penting ada versi web app-nya yang sangat memudahkan kalo lagi pingin pakai laptop saja.

Menurut kami yang lebih enak dari dua aplikasi ini adalah Money Lover. Dari pengalaman kami memakai Money Lover buatan startup dari Vietnam ini selama sekitar 5 bulanan, bisa dibilang sangat-sangat membantu budgeting dan pencatatan pemasukan dan pengeluaran keuangan keluarga. Kami paling terbantu untuk menganalisis kebocoran rekening keluarga dari aktivitas apa saja, karena adanya pengkategorian dan separated wallet di app ini. Kami sangat menganjurkan para keluarga-keluarga muda/senior untuk mencoba app ini.

Money Lover-lah sang juaranya via fintechnews.sg

Oya, Money Lover juga bisa diakses dari beragam gadgetmu, kalau tidak salah, minimal 3 jenis gadget. Coba kasih tau ke orang terdekat, terutama orangtua kita biar ga pusing mencatat pengeluaran dan pemasukan, ya.

Kalau kamu pakai aplikasi apa (saja), Moms?

Kalau kamu ingin baca tulisan-tulisan saya yang lainnya, bisa baca daftar tulisan saya di: Daftar Isi

Download E-book gratis di: twinpath.kindipress.com/downloads

Dapatkan update info terbaru tentang ide-ide dari saya dan suami di medium.com/ersti-ken

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: