Pengalaman Belajar Cerdas Finansial di Institut Ibu Profesional

Mendidik anak cerdas finansial dimulai dari mendidik orangtuanya. Keluarga kami mulai sadar akan hal itu sejak satu tahun yang lalu, tepatnya ketika bayi kami lahir. Oleh karena itu, Keluarga Muslim Cerdas Finansial menjadi buku rujukan kami.

Bagi saya, tantangan level 8  Bunda Sayang ini mendidik anak cerdas finansial ini, lebih dari sekedar mengenalkan anak tentang menabung, bersedekah, membedakan keinginan dan kebutuhan, mengenal uang dan konsep jual beli, tapi yang paling penting adalah bagaimana konsep rezeki dari Sang Maha Pemberi Rezeki.

Kita sebagai orangtua belajar mengenalkan anak bahwa uang hanyalah salah satu bentuk rezeki. Bahwa definisi rezeki itu sangat luas, bisa berarti anak, orangtua, kesehatan, makanan, dan lain sebagainya. Kalau untuk anak balita, bisa juga berupa ASI, sesuatu yang paling dekat dengannya saat ini

Kalau kata Mbak Sofi Zahroh di blognya,

“Ini bukan hanya tentang materi tetapi tentang diri yang patut mentafakuri atas segala nikmat yang diberi. Menumbuhkan rasa syukur dalam hati, bukan menanti keinginan yang belum terpenuhi.

Ini juga bukan perihal banyak atau sedikitnya hal yang kita miliki, tapi bagaimana senang berbagi dan senang memberi dijadikan sebagai hobi, karena tangan di atas lebih patut untuk diapresiasi dari pada tangan di bawah.”

Di materi IIP tentang Cerdas Finansial ini kita sebagai orangtua juga diajarkan untuk mengutamakan hak Allah saat baru mendapatkan penghasilan. Baru setelah itu hak orang lain dan hak diri kita sendiri.

Secara umum, walaupun setelah mengikuti materi ini pola keuangan kami belum terlihat perubahannya, namun kami jadi merasa lebih bijak dalam mempergunakan uang yang didapat, sesedikit apapun itu. Hati-hati terhadap harta haram yang masuk ke tubuh keluarga kita. Senantiasa yakin akan rezeki yang sudah Allah jamin. Motivasi bekerja juga sekarang bukan hanya karena nominal atau uang, tapi lebih kepada mencari pahala dan keridhaan-Nya saja.

Alhamdulillah terima kasih IIP atas ilmunya yang bermanfaat.

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.