Perpustakaan yang Telah Berhijrah

Sesuai janji kemarin, hari ini saya akan menceritakan alasan mengapa perpustakaan yang sudah saya bangun dengan cukup susah payah itu akhirnya tutup alias berhijrah.

Sebenarnya alasan utamanya adalah sudah tidak ada lagi tenaga jaga harian (termasuk saya dan tante saya). Lalu diperparah dengan konsentrasi saya yang sudah tidak bisa penuh ke sana lagi. Selain itu, alasan lokasi yang tidak memadai. 

Lalu sembari berjalan, saya memohon petunjuk pada Allah. Saya memutuskan untuk menutup perpustakaan kecil tersebut. Alhasil banyak yang kaget dengan keputusan ini. Termasuk para volunteer-nya sendiri. Saya merasa bingung juga waktu menutupnya. Perpustakaan yang kami cintai ini harus kami tutup demi kebaikan bersama. Entah tutup sementara atau untuk selamanya.

Seiring waktu berjalan, Allah menunjukkan kepada saya bahwa banyak sekali ternyata buku-buku di sana yang tidak sesuai kaidah agama Islam. Buku yang tentang hantu, komik yang gambarnya kamu-pasti-sudah-tahu, penyihir, peri, musik, dan bacaan anak tapi konten dan gambarnya dewasa banget. Hmmm daripada stres akhirnya saya angkut semua buku ke rumah saya sekarang. Thanks to suami yang angkut sendiri naik mobil Papa. 

Terus selama beberapa minggu, kami berdua menyortir buku-buku tersebut. Total terkumpul 93 kg bahkan lebih, buku yang tidak sesuai kaidah agama Islam. Lumayan dapat 260ribu rupiah. Bisa dibuat kas perpustakaan.

Nah, alhasil buku-buku di rumah saya sekarang sudah tersortir. Yang titipan juga sedang dalam proses dikembalikan ke penitipnya. Jadi sekarang rumah saya seperti lautan buku.

Lalu apa hubungannya dengan tugas IIP? Hubungannya yaa berarti saya memiliki banyak resources untuk menjalankan tantangan 10 hari Bunda Sayang ini. 

Pohon literasi ini sudah mulai kami tulis daun-daunnya. Hari ini ayah membaca AlQuran dan buku Wonderful Husband karangan Cahyadi Takariawan. Saya membaca buku Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadits bagian Salat ke Masjid. Anak saya bacakan buku Happy Hijaiyah (milik perpustakaan), Knock! Knock! Open the Door dan The Doc is In (milik perpustakaan). Kami membacanya sambil menggelar tikar di halaman depan rumah. A la piknik gitu deh. Menyenangkan sekali 🙂 Besok mau dicoba lagi sambil ngabuburit hehehe.

Sekian dulu cerita tentang perpustakaan saya dan kegiatan membaca hari ini. 

Kalau kamu ingin baca tulisan-tulisan saya yang lainnya, bisa baca daftar tulisan saya di: Daftar Isi

Download E-book gratis di: twinpath.kindipress.com/downloads

Dapatkan update info terbaru tentang ide-ide dari saya dan suami di medium.com/ersti-ken

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: