Rectoverso. Bukan Sebuah Review.

Rectoverso. Kini film, dulu dan sekarang masih novel.
 
Karya Dewi Lestari atau yang akrab disapa Dee ini memang fenomenal. Bagaimana tidak? Dulu, novelnya dijual bersama album CDnya, yang kata Dee merupakan 11 fiksi untuk didengar.
 
Ke-11 cerita tersebut terdiri dari 9 cerita berbahasa Indonesia dan 2 cerita berbahasa Inggris. Dari sekian cerita yang ada, saya paling suka cerita Curhat Buat Sahabat dan Firasat. Paling jleb lah. 
 
Di novelnya tersaji rangkaian kata yang unik dan rumit ala Dee, dan juga didukung fotografi apik nan menggalaukan. Bagaimana tidak, gambar-gambar tersebut seakan berbicara.
Oh ya, waktu mendengar film ini akan difilmkan, saya langsung girang. Terlebih ketika mendengar duluan suara Glenn Fredly pada soundtracknya, Malaikat Juga Tahu, yang hanya ditemani dentingan piano. Jadi lebih meresapi liriknya! Alhasil, saya pun tidak sabar untuk segera menontonnya di layar bioskop. 
 
Tak cukup sekali. Ya, saya menontonnya 2 kali dengan orang-orang yang berbeda. Saya mencoba memahami cerita dari kelima film tersebut. Saat menonton pertama kali, jujur, ada beberapa part yang saya lewatkan karena tidak konsentrasi menontonnya. Dan saya baru mendapatkan jawabannya (dari scene-scene yang terlewat) setelah menonton yang kedua kalinya.
 
Dan… overall ratingnya (menurut saya) 4 bintang. Perasaan saya berhasil teraduk-aduk, teknik sinematografinya bagus, dan banyak kejutan di film ini. Itu yang membuat saya tak ragu memberikan 4 bintang. Walaupun terdapat beberapa hal janggal dan kurang pas menurut saya.
 
Kelima sutradara perempuan tersebut memang pantas diacungi jempol. Cerita-cerita Dee dalam novel dapat mereka interpretasi dan suguhkan dengan cara-cara yang unik kepada penonton. Bagi yang belum tahu siapa saja wonderwomen yang bekerja di balik layar Rectoverso tersebut, ini dia listnya:
– Olga Lydia (Curhat Buat Sahabat)
– Cathy Sharon (Cicak di Dinding)
– Marcella Zalianty (Malaikat Juga Tahu)
– Happy Salma (Hanya Isyarat)
– Rachel Maryam (Firasat).
 
Saya mulai dari film yang paaaaliiiingggg menyedihkan. Membuat air mata saya tak tahan untuk menggenang dan pada akhirnya jatuh juga. This is itMalaikat Juga Tahu oleh Marcella Zalianty. Abang (Lukman Sardi) adalah seorang anak autis yang hidup bersama Bunda (Dewi Irawan) dan anak-anak kos di rumah mereka. Nah, salah satunya adalah Leia (Prisia Nasution). Ialah satu-satunya anak kos yang sangat perhatian pada Abang. Leia dan Abang pun berteman. Lama-lama, Abang jatuh cinta pada Leia. Namun Leia tak sadar. Bunda pun tahu bahwa Abang dan Leia tidak mungkin dapat menjalin sebuah hubungan (yang lebih serius). Bunda pun makin yakin ketika Han (Marcel Domits) pulang ke rumah tersebut setelah kuliah dari luar negeri. Han, adik Abang, menjadi akrab dengan Leia, dimulai dari mengantar Leia ke kantor, chatting, hingga akhirnya mereka pun menjalin hubungan yang lebih serius. Cinta antara Han dan Leia itu pun membuat Abang sedih. Bunda pun menasehati Leia dan Han untuk pergi dari rumah tersebut. 
 
Lalu, ada Firasat yang disutradarai oleh Rachel Maryam, satu-satunya sutradara yang berkerudung.
Di cerita ini, Senja (Asmirandah), seorang gadis yang dikaruniai indera keenam, bergabung ke dalam sebuah klub bernama Klub Firasat. Ia jatuh cinta dengan Panca (Dwi Sasono), pemimpin klub yang berkharisma. Saat hubungan mereka semakin dekat, Senja mendapat firasat tak baik tentang Panca. Senja pun melarang Panca pergi. Namun, Panca ngotot untuk tetap pergi karena orangtuanya sakit. Pada akhirnya, ternyata Senja sendiri yang meninggal.
 
Curhat Buat Sahabat, disutradarai oleh Olga Lydia bercerita tentang kisah klasik temen-jadi-demen antara Amanda (Acha Septriasa) -yang sering mengalami masalah percintaan- dengan Reggie (Indra Birowo) -yang selalu ada buat Amanda-. Suatu hari Amanda jatuh sakit dan menyadari bahwa hanya Reggie lah yang selalu ada untuknya. Pada akhirnya, Amanda tahu jika orang yang dapat mencintainya tanpa syarat hanyalah Reggie. 
 
Film ini juga menampilkan kejutan berupa hadirnya Sophia Latjuba dalam cerita Cicak di Dinding yang disutradarai Cathy Sharon. Seorang pelukis muda, Taja (Yama Carlos) bertemu dengan Saras (Sophia Latjuba) -perempuan yang berjiwa bebas- di sebuah klub. Hubungannya berkembang menjadi pertemanan. Lalu berkembang lagi, Taja mencintai Saras. Namun, Saras memutuskan untuk meninggalkan Taja dan menyuruhnya untuk tak mencarinya. Beberapa tahun kemudian, mereka kembali bertemu pada pameran lukisan Sarah. namun Saras membawa kejutan yang menentukan hidup mereka berdua.
 
Film terakhir, Hanya Isyarat, yang disutradarai Happy Salma, menyuguhkan sebuah cerita dari 5 orangtraveler yang bertemu dalam sebuah mailing list. Empat laki-laki di grup tersebut malah seperti teman lama, namun Al (Amanda Soekasah) sedikit menjaga jarak. Al mencintai Raga (Hamish Daud), laki-laki yang hanya dapat ia kagumi sebatas punggungnya saja (alias tak tergapai). Suatu malam, mereka mengadakan perlombaan di mana semua harus menceritakan kisah tersedih dalam hidupnya. Al memenangkan perlombaan itu. Namun kemenangannya tidak berarti apa-apa karena Al mengetahui dari cerita Raga bahwa sekarang ia tidak mungkin memenangkan hati Raga.
 
Artis-artis yang berbakat, mulai dari yang muda hingga yang tua, berkumpul jadi satu dalam film ini. Kisah cinta yang dibungkus dalam scene-scene dramatis oleh kelima sutradara muda ini tentunya juga berkat kelima penulis skenario, yaitu: Ve Handojo, Indra Herlambang, Ilya Sigma dan Priesnanda Dwi Satria, serta Key Mangunsong (kakak Dee).
 
Kelima cerita yang difilmkan tersebut mencoba menggabungkan teknik sinematografi yang apik dengan dibumbui keheningan. Sedikit minim kata-kata, namun makna yang dalam tersampaikan, lebih dari sekadar ‘Cinta yang Tak Terucap’. Overall, I’ll say: Good job, Dee! Good job the film crews! 🙂

Kalau kamu ingin baca tulisan-tulisan saya yang lainnya, bisa baca daftar tulisan saya di: Daftar Isi

Download E-book gratis di: twinpath.kindipress.com/downloads

Dapatkan update info terbaru tentang ide-ide dari saya dan suami di medium.com/ersti-ken

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: