Review Buku: Cara Menemukan Kekuatan ala The Power in You by Ollie

Sampulnya jingga menyala. Mencerminkan semangat yang dipancarkan dari buku ini. Don’t judge the book by its cover, katanya. Tetapi, kekuatan buku ini salah satunya terletak pada sampulnya. Isinya semeriah yang terpancar di sampulnya. Di bukunya yang ke-27, Aulia Halimatussadiah alias Ollie mengajarkan kepada kita bagaimana memaksimalkan kekuatan yang ada dalam diri.

 

Judul: The Power in You

Penulis: Ollie (Aulia Halimatussadiah)

Penerbit: GagasMedia

Tebal: 288 halaman

 

Di lembar pertama setelah kata pengantar, Ollie mengawalinya dengan serangkaian Morning Prayers atau doa pagi. Selanjutnya, karena buku ini membutuhkan partisipasi aktif dari sang pembaca. Jadi, siapkan notebook dan pulpen khusus untuk mengikuti latihan yang disediakan dalam buku ini.

Di bagian pertama, Ollie dengan gamblangnya menjelaskan apa makna dari Power. Generasi masa kini adalah generasi galau. Apakah kamu termasuk dalam orang yang seringkali galau? Hmm.. tampaknya buku ini cocok untukmu karena di bagian ini Ollie menjelaskan rahasia-rahasia mengapa ia sering disebut sebagai orang yang powerful.

Seperti judul buku Simon Sinek yang berjudul Start With Why, Ollie mengungkapkan pentingnya mengetahui YOUR WHY alias alasanmu melakukan sesuatu.

“Kalau kamu nggak tahu kenapa melakukan sesuatu dan apa motivasi dibalik tindakanmu, maka fokus dan komitmen kamu nggak akan sekuat kalau kamu tahu “Your Why“.

Selain itu, kamu juga akan diajak mengenali apa itu Visi.

Visi akan membantu melihat kesempatan berupa potensi (baik lingkungan atau orang lain) yang memungkinkan untuk membantu mewujudkan IMPIAN.

Selanjutnya, Ollie melanjutkannya dengan menganalisis apa saja hambatan-hambatan di dalam diri kita, baik hambatan eksternal maupun internal. Setelah itu, kamu akan diajak mengenali dirimu sendiri. Mengetahui kehidupanmu, renjanamu, kekuatan dan kekuranganmu, potensimu. Karena kesuksesan itu tidak selalu diukur dari nilai-nilai akademik yang baik 😀

Dan ternyata POWER sendiri dijabarkan menjadi PrincipleOn trackWork smartEnthusiasm, dan Reliance (to self). Di buku ini akan dijabarkan dengan detail apa maksud dari kelima poin tersebut.

 

Kutipan paling mengena di buku ini ialah…

“Sukses yang sesungguhnya adalah sukses harian yang kita dapatkan dari hasil memperhatikan hal-hal kecil dalam hidup.”

dan

“Cintai diri kamu sendiri dulu sebelum kamu bisa membagi cintamu kepada orang lain.”

 

Pada dasarnya, kita harus mencintai diri kita dulu sendiri, baru rasa cinta itu akan terpancar dan terlihat dari luar. Tidak percaya?

Love your self, share the love for others, and that’s how we can be powerful against the world! :D”

Itu kata Ollie.

Jangan khawatir, tidak seperti buku pengembangan diri yang kebanyakan menuliskan teori-teori dan bahasa yang agak berat, buku The Power in You ini dikemas dengan bahasa yang sangat natural dan ringan. Kita seperti mendengarkan Ollie berbicara langsung di depan kita.

Yap, buat kamu yang merasa galau dan belum mengetahui bagaimana sih memaksimalkan kekuatan diri kita, wajib baca buku ini! Bukan sinopsis yang tertera di belakang sampulnya, melainkan mind map mini yang juga merangkum isi buku ini 🙂

Selamat membaca!

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.