Review Buku Anak: The Very Hungry Caterpillar

Membacakan cerita kepada anak sejak usia dini adalah kebiasaan yang sangat baik. Hal ini dapat memperkaya kosakata anak. Apalagi gambar-gambar yang tertera dalam buku anak-anak biasanya memiliki warna-warna yang cerah dan kontras sehingga membuat anak semakin tertarik.

Saat anak saya menjalani aqiqah, ia mendapatkan kado dari saudara sepupu saya, yaitu berupa buku berjudul The Very Hungry Caterpillar. Saya sendiri belum pernah mendengar tentang buku itu sejujurnya. Hehehe.

IMG_0836

Buku ini ditulis oleh Eric Carle. Kata sepupu saya itu, buku ini terkenal, lho. Lah saya kemana aja kok ga tahu kalau buku ini terkenal??? Hehehe. Tapi gapapa, kan akhirnya saya jadi tahu. Maklum, baru jadi emak.

Oke langsung saja. Jadi, buku ini menceritakan tentang metamorfosis seekor ulat bulu menjadi kupu-kupu. Dimulai dari perjalanan seekor ulat bulu yang kelaparan. Sangat kelaparan. Kemudian hari demi hari ia mencari makanan. Ia menemukan beragam makanan, hingga akhirnya ia makin gendut. Daaaan… jadilah ia seekor kepompong, lalu kupu-kupu.

IMG_0840

IMG_0841

IMG_0843

Buku ini terbuat dari karton, ilustrasi yang digunakan juga sangat menarik. Bergaya watercolor dan crayon. Walaupun buku ini sangat sederhana, tapi anak-anak jadi tahu proses metamorfosis kupu-kupu. Selain itu anak-anak juga bisa mengenal bermacam-macam makanan, seperti kue, es krim, sosis, dan lain-lain.

Buku terbitan Puffin Books ini bisa dijadikan dongeng pengantar tidur atau dongeng sembari menyusui anak. IMG_0845

Hari ini agenda si kecil Kindi adalah belajar bahasa. Sang ayah membacakan buku The Very Hungry Caterpillar dan saya membacakan buku-buku anak berbahasa Jerman kemudian kalau saya mengerti, saya terjemahkan sedikit ke bahasa Indonesia. Buku-buku itu kira-kira berusia hampir 23 tahun. Dulu papa dan mama saya membeli buku-buku tersebut di pasar barang bekas saat di Jerman. Saya membacakan buku berbahasa Jerman pada Kindi juga untuk memperkaya kosakata bahasa Jermannya dan saya sendiri.

Yuk ajak anak membaca, mengenal gambar dan kata sejak dini. Tidak apa-apa walaupun ia belum mengerti, bacakan dan terus bacakan. Ajak dia berkomunikasi seperti orang dewasa.

Happy storytelling and reading, Moms!

Kalau kamu ingin baca tulisan-tulisan saya yang lainnya, bisa baca daftar tulisan saya di: Daftar Isi

Download E-book gratis di: twinpath.kindipress.com/downloads

Dapatkan update info terbaru tentang ide-ide dari saya dan suami di medium.com/ersti-ken

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: