Semua tentang Ayah ASI

Sabtu, 30 April 2016

Apa itu ayah ASI?
http://www.tabloid-nakita.com/mobile/read/993/ayah-asi&ei=ds2yt33V&lc=en-ID&s=1&m=940&host=www.google.co.id&ts=1462004086&sig=APY536y75KjXt1Rd_w6pZ2dlSdE1476B1g
http://aimi-asi.org/ajak-suami-jadi-ayah-asi/

Tentang Pembicara
Pembicara kita malam ini adalah Agus Rahmat Hidayat, akrab dipanggil Mas Rahmat. Mas Rahmat lahir di Jakarta, 29 Agustus 1980, menempuh pendidikan di Public Administration, FISIP UNDIP. Aktivitas saat ini adalah sebagai Co-Founder @ID_AyahASI, Konselor Laktasi, Divisi Riset AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia), Planning, Monitoring & Evaluation Manager program Nasional HIV-AIDS. Mas Rahmat telah menikah dan dianugerahi 2 orang anak. Beliau juga salah satu penulis di buku Catatan AyahASI.

Materi Pembuka
ASI adalah Air Susu Ibu, sementara kalo ASEM adalah Air Susu Emak. keduanya ga berbeda kok πŸ™‚
WHO mengeluarkan pedoman makanan bayi yg dikenal dengan nama Standar Emas Makanan Bayi, standar ini ada 4 hal:
1. Inisiasi Menyusu Dini, yaitu menyusui langsung sesaat setelah lahir selama minimal 60 menit
2. ASI Eksklusif pada usia 0-6 bulan, eksklusif berarti tanpa makanan-minuman lain, hanya ASI saja
3. MPASI – makanan pendamping ASI rumahan saat usia 6 bulan
4. Lanjutkan ASI hingga minimal 2 tahun
Apakah harus 2 tahun? sebaiknya ya, ada banyak penelitian yang sebutkan hal tersebut bawa dampak positif ke anak dan ortu. Buat yang beragama islam, 2 tahun tersebut disebutkan didalam alquran. Indonesia saat ini sedang mengalami beban ganda malnutrisi di satu sisi ada anak yang kekurangan gizi, tapi di sisi lain ada yang obesitas. Di sini menyusui menjadi intervensi penting bagi sebuah keluarga agar anak terhindar dari kekurangan gizi. Lalu kenapa ayah harus ikutan cerewet soal ASI? Karena ASI terlalu penting untuk hanya diurus oleh ibu-ibu, well disisi lain, ada banyak mamah muda yang cakep sih 😊

Sesi Tanya-Jawab

Pertama, apakah ada perbedaan dalam peran Ayah ASI bagi suami yang istrinya melahirkan normal dan SC (operasi caesar)?

Enggak ada, keduanya harus didukung dalam hal menyusui.

Gimana sih jadi AyahASI itu?Β Gampang, jadi aja suami sesungguhnya, bikin seneng istri. Kalo istri udah seneng, ASI dijamin lancar.

Cara bikin senang istri itu gimana ya tips-tipsnya? ☺ Bikin senang istri? Yang gampang, pijetin istri pas lagi nyusuin, bantu cuci piring, bikinin nasi goreng buat sarapan, kalo males? Bayarin aja kartu kreditnya.

Sebagai AyahASI, adakah pengetahuan khusus yang harus dimiliki oleh seorang ayah? Misal pertolongan pertama pada kecelakaan menyusui (?) (maap saya random ambil contoh aja 😁) atau semacamnya, hehe. Pengetahuan khusus sih sebenarnya ga ada, yang penting baik calon ibu-bapak perlu banyak tahu soal ASI dan Menyusui. Ini penting buat jadi bahan diskusi sama dokter. Faktanya, ga banyak dokter yang paham soal ASI dan Menyusui. Terkadang sang ibu merasa kesakitan ketika menyusui di awal2 memberi ASI. Salah satunya berkeringat, panik, suami bisa menolong menyeka keringat dan memberi air putih.

Kalau soal cara mendukung istri yang menyusui ada beberapa hal yang bisa ayah lakukan:

Penting untuk suami menyediakan waslap (handuk kecil).

Be a google man: melahirkan kan melelahkan yah, sesudah melahirkan ibu udah banyak kerepotan pas ngurus anak, jadi ga punya banyak waktu untuk baca-baca lagi, jadi suami lah yang cari info soal ASI dan menyusui. Masa bisa nyari info soal gadget/otomotif/olahraga tapi ga bisa cari info soal ASI?

Keterlibatan suami, adanya pasangan di samping istri, yang membantunya mengatasi kelelahan fisik, cenderung membuat istri senang. Apalagi jika suami jadi lebih sering melakukan hal-hal yang membuat istri senang dengan cara meningkatkan kualitas hubungan mereka; karena koneksi setiap pasangan itu khas. Rasa senang istri, akan berdampak sangat positif pada kelancaran proses menyusui. Dan pada titik ini, kesiapan sepasang suami-istri diuji untuk menjadi orang tua. Penelitian juga membuktikan bahwa mengajarkan ayah untuk mencegah dan menangani kesulitan laktasi berhubungan erat dengan kesuksesan ASI esklusif 6 bulan pertama.
Ketika seorang laki-laki melewati setiap bagian di atas, ia sudah bertindak. Mungkin ada yang menyadari sejak awal, tapi banyak juga menjalaninya saja tanpa memikirkan caranya. Ada yang menjalaninya dengan baik dari pertama, tak sedikit pula yang mengejar ketinggalan di tengah prosesnya. Bagaimanapun itu jika seorang ayah meyakini di alam pikirannya bahwa menyusui adalah proses yang tidak bisa dilewatkan dan ASI adalah yang terbaik untuk keluarganya, dia sepatutnya memberikan kontribusi nyata dengan caranya.

Be the best nurse ever: dampingin deh istri selama dibutuhkan..

Bagaimana peran AyahASI dalam kondisi-kondisi berikut:
1. Saat ayah-ibu sedang berantem
2. Saat LDR
3. Kondisi ibu bekerja
4. Kondisi ibu mengalami baby blues

1.Saat ayah-ibu sedang berantem
– Ya baikan, hehehe..intinya sih komunikasi, keduanya harus saling terbuka dan berkepala dingin. Tujuannya mencari solusi, bukan ingin pendapatnya diakui sebagai yang paling benar, pengeluaran ASI erat kaitannya dengan sisi psikis seorang ibu. Kalo lagi BT, dijamin seret deh.
2. Saat LDR
– Ini kaitannya juga dengan komunikasi, sekarang kan zaman udah canggih, udah bisa pake skype, jadi ngobrol lah, suami ingetin jadwal perah ASI, jangan lupa juga buat mesra-mesraan, ini penting! Ga usah malu, kan sama istri sendiri.
3. Kondisi ibu bekerja
– Ayah bisa bantu dalam hal manajemen ASI perahan (ASIP), siapkan cooler bag pas ibu mau berangkat, ingetin buat perah di kantor, kirimin makanan ke kantor buat kejutan 😊, bantu urus rumah ketika pulang kerja.
4. Kondisi ibu mengalami baby blues
– Yang ini tentu suami perlu agak sabar, karena pasti emosi istri lagi campur aduk, dukung dan kasih motivasi, jangan biarkan dia merasa sendiri berjuang.

Cara mengatasi omongan org tua yang β€œkolot” seakan-akan menjatuhkan si ibu saat menyusui itu bagaimana ya? Misalnya, saat baru lahir ingin disusui ibunya kebetulan belum sulit keluar tiba-tiba mertua bilang β€œAlah, air susunya ga keluar, sini ga usah ditetein kasih air putih” 😞

Berarti tidak ada permasalahan dengan keluarnya ASI jika ibu bekerja asalkan suami dapat ikut melakukan manajemen ASI dan memperhatikan istri? Apa ada kendala lain yang biasanya terjadi dalam kondisi Ibu bekerja, jika ada bagaimana menanggulanginya?
Intinya ibu menyusui perlu didukung, oleh siapapun..it takes two to tango, but it takes a country to breastfeeding. suami, sebagai orang terdekat tentu harus mendukung penuh.. bikinnya berdua, ya ngurusnya juga berdua

Menurut saya, peran ayah sangatlah penting untuk menemani, memotivasi terlebih ketika sang istri mengalami baby blues, karena ternyata lebih dari 50% ibu melahirkan terserang depresi ringan semacam ini, jangan sampai membuka celah untuk depresi dengan tingkat yang lebih parah seperti post partum depression.

Ada mitos kalo ASI eksklusif 6 bulan malah bikin buah hati manja, dalam artian nanti si dia jd susah makan, perkembangan tubuhnya kurang bagus karena jika 6 bulan cuma ASI, usus dan organ pencernaan lain dianggap kurang berkembang. Biasanya dari para orang tua di sekitar yang bilang. Trus bisa saja hal tersebut jadi pertimbangan untuk tidak memberikan ASI eksklusif 6 bulan pertama (jadi ASI + makanan minuman lain)
Dr. Dimas: bayi itu lambungnya cuman sebesar kacang mede, sampai 6 bulan juga besarnya g seberapa. Makanya bayi sehari bisa minta susu sampai lebih dari 5 kali. Buat nyusu aja bisa bikin bayi eneg, apalagi ditambah yang lain 😁 Itu kasarnya, intinya pencernaan bayi masih belum sanggup untuk makan macem macem. Maksudnya lebih dari 5 kali: cepat kenyang dan cepat lapar karena lambungnya kecil

Menghadapi senior (ibu/mertua/nenek/tetangga) yang memberikan masukan ini itu ini itu, yang pesannya enggak update. Terkadang mau kita luruskan malah kita dibilang ngeyel.
Apa perlu susu tambahan jika BB anak tidak naik dalam periode 2th menyusui?

Dr. Dimas:
ASI udah disediain sama Tuhan untuk bayi, jadi tentu ada alasannya untuk itu, hal ini didukung banyak penelitian yg sebutkan baiknya ASI saja selama 6 bulan, karena pencernaan bayi belum siap untuk menerima makanan padat. Soal susah makan sebenarnya gini..usia 6-7 bulan sebenarnya masa anak untuk belajar makan..catet yah BELAJAR MAKAN…jadi jangan berharap anak langsung mau mangap dan makan…sama kaya belajar naik sepeda, kan ga langsung jago…sayangnya banyak ortu yang keburu putus asa, anaknya dibilang ga mau makan atau ga doyan makan..akhirnya lari ke asupan instan…jadi ketika anak belajar makan sebaiknya bertahap, ajarkan dia mengenal sendok garpu dan piring, ajarkan dia mengenal tekstur makanan dengan jari jemarinya..biarkan berantakan, namanya juga belajar yah πŸ˜€
soal makan, ortu sebaiknya memang menjadi fasilitator saja…tawarkan anak, jika belum mau..tunggu aja. lapar itu hal naluriah, kalo lapar pasti nafsu makan naik, jadi saya salah satu orang yg tidak percaya sama vitamin penambah nafsu makan πŸ˜€

sy Andita sdg hamil usia 32w2d
Ingin bertanya pak..utk perempuan dg kasus SC.kr2 peran ayah asi yg bs dilakukan oleh suami bgmn?lalu bagaimana caranya utk IMD pada anakny?(mengingat utk SC ada prosesi bius yg bs jd ktk dipilihkan bius total maka ibu tdk bs langsung memberikan Asi pada baby nya)
Lalu utk posisi pemberian Asi bgmn?mengingat ada bekas Luka jahitan ntah itu horizontal/vertikal .terimakasih banyak pakπŸ™πŸ»πŸ˜€

Dr. Dimas: Kalo normal itu asi gampang keluar sesaat bayi dikeluarkan. Kalo SC sulit buat keluar. Ditambah kalo bayinya harus diinkubator, (misalnya indikasi scnya karena gawat janin, sehingga janin masih prematur saat dikeluarkan)
Kuncinya di rangsangan pengeluaran asi
1. Pijat payudara
2. Kompres payudara hangat dingin
3. Suami melakukan pijat punggung pada ibu
Kontraksi itu mengeluarkan hormon oksitosin, hormon oksitosin itu berfungsi pada pengeluaran asi.
Pada saat bayi lahir, rahim akan berkontraksi untyk menghentikan perdarahan dan mengecilkan rahim ke bentuk semula.
Pada lahir normal, kontraksi rahim lebih baik dibandingkan sc
Bius total sudah tidak dipakai lagi bu
Sekarang spinal
Rahmat:
@Andita: payudara ga perlu diapa2in pas hamil, jadi perbanyak ilmu soal ASI dan Menyusui aja

Dokter Dimas, kenapa kalau SC jadi sulit keluar ASInya? 😳
Dr. Dimas: Itu kuncinya di kontraksi ^_^

Kalo mengeluarkan ASInya pake pompa ASI efeknya apa dok?
Rahmat: @anisa: ga ada efek negatif kok sepanjang yg saya ketahui

Apa yg bs dilakukan dok ktk hamil agr pasca sc Asi sdh deras?
Dr. Dimas: Seperti yang dibilang pak rahmat bu, bikin ibu senang, dan 3 poin rangsangan yang saya jelaskan ^_^

Kmrn sy k Sp.M retina kanan tipis skali..jd kehndak ingin normal pupus ktk diberitau resiko terberat.jd skrg sdg prepare utk mnjemen laktasi pasca sc

Dr. Dimas: Iya karena bisa terjadi ablasio retino (akhirnya bisa kebutaan), nanti cari di google ya bu istilah ini, biar lebih aware ^_^


Iya dok.ablasio retin lepasny retina…mk sy ingin brtnya utk imd prmpuan yg sc dok.hehe. Gmau hny krn sc akhirny melewatkan slh 1 fase terbaik…imd…*brharap smua kndsi normal pasca operasi ..

Dr. Dimas: Imd agak sulit bu untuk sc. Ibu hamil anak pertama ya?
Karena kondisi ibu di meja operasi, dan dokter masih berjuang dengan pendarahan dan luka sc ibu. Saran saya, sesaat setelah ibu keluar ok dan masuk ruangan, ibu minta bayi ibu
Sejauh saya pernah jadi asisten sc dokter obgyn, kondisi di ok memang tidak memungkinkan untuk imd bu sesungguhnya.
Ok (ruang operasi)
Tapi coba minta sama dokter obgynnya secara personal
Semoga bisa dikondisikan, agar dibantu sama perawatnya
Karena emang harus dibantu
Rahmat: Dok, ada banyak teman saya yang SC dan berhasil IMD…tapi kondisi ibu-anak harus stabil..dan memang harus ngobrol dulu sama obgynnya
Dr. Dimas:
Iya benar, karena memang sesuatu yang terencana seperti sc aja bisa terjadi kegawatan bu. Dan tergantung alasan scnya. Hamil itu memang seperti melempar dadu bu. Harus menjadi ayah dan suami yang bukan hanya baik, tapi berani, berani ngeliat darah berani disampingnya πŸ˜…

Dr. Dimas:
SanShine: hahaha ini juga masih jadi PR buat saya kok…tapi intinya gini, ortu tentu sejatinya ingin membantu kita, tapi mungkin caranya enggak pas dengan kondisi sekarang..paling gampang memang diajak ke dokter sih, jadi biarkan dokter yg bantu jelaskan

Apakah sebelum melahirkan harus tes ke dokter mata? Saya bumil minus 4-5 πŸ™ˆ pengen normal apakah bisa ya..? 😁
Dr. Dimas: Tidak harus, tapi kalo ada minus yang tinggi lebih baik diperiksa.
Sebenarnya Allah sudah menciptakan rahim yang tanpa mengedan aja bisa keluar tuh anak, cuman kadang kalo bayi agak besar, panggul sempit, persalinan tak maju, mau g mau harus dibantu dengan mengedan. Dan proses mengedan itu meningkatkan tekanan bola mata

Ehmm… maaf, pnh denger ada ibu yg putingnya tdk keluar, apakh msh ada harapan utk menyusui? oh iya, pak rahmat dan dok dimas, apakah selama hamil ada makanan khusus yg harus dikonsimsi agar asi lancar? Ada rekan yg pesan, harus bnyk makan kacang2an biar asi lancar 😁 dia menyesal dulu g banyak konsumsi kacang, terus asinya tdk keluar.. apakah benar begitu?
Dr. Dimas: Bisa bu, nanti kalo di rumah sakit dibantu kok bu gimana caranya mengeluarkan putingnya lagi ^_^ Kita harus ingat 2 hormon pada ibu menyusui ya bu, pertama prolaktin, kedua oksitosin. Keduanya sama sama berperan dalam asi. Namun, si “penyemprot” yang bikin asi keluar itu adalah oksitosin. Sedangkan yang mempertahankan produksi asi adalah prolaktin,selama ibu merasa nyaman, dan rangsangan ke ibu cukup, maka asi keluar. ^_^
Dan kedua hormon itu sudah ada di dalam perempuan
Tanpa makan macem macem pun asi keluar,
Cara ngebayanginnya gini aja, orang Papua aja bisa kok menyusui hihi
Maksudnya mereka yang secara gizi agak kurang dibawah orang perkotaan. Gimana merangsang oksitosin (si penyemprot)? Seperti yang dijelaskan pak rahmat, tetap bahagia, senang, tetap anaknya disusui walau asinya g ada, dan teknik rangsangan. Suami bisa melakukan teknik rangsangan pemijatan punggung

Posisi paling aman mnyusui bg ibu yg melahirkan secio bgmn y?
Dr. Dimas:
Dalam perawatan post Sc selama beberapa hari ke depan ibu pasti diomelin kalo tiba tiba posisinya lagi duduk di tempat tidur (diomelin sama perawat) >_<
Karena ibu hanya boleh telentang Mika miki, selang kencing masih terpasang, dan ibu masih terpasang popok seperti anak ibu 😁
Intinya bayi ibu disamping tempat tidur ibu
1. Ibu sedikit agak miring
2. Nah ini nih yang suka salah, jangan sampai kepala bayinya menengok ke payudara
Harus satu garis lurus, kepala menghadap puting maka badan juga harus menghadap ke tubuh ibu
Jadi bayinya semua anggota badannya menghadap ke tubuh ibu
Innalillah..g kebayang itu posisi d kepala sy pak… πŸ™ apa d setiap rs ada konselor Asi yg Bantu mngarahkan bg mahmud2?
Dr. Dimas: Nanti ada kook yang jelasin πŸ˜€

Adakah tips khusus biar IMD nya berhasil?
Dr. Dimas: Di Internet juga banyak kok gimana lekatan mulut dan payudara yang baik, ada gambarnya juga. Karena asi g asal nyedot loh, bisa bisa luka di puting bayinya 😷 Syarat Imd itu cukup keluar Asi, setelah itu dilihat dari kondisi ibu, dan kondisi janin. Misal, ibu yang di sc karena gawat janin, yang akhirnya harus dikeluarkan prematur (bayi biasanya g kuat nyedot), atau ibu dengan perdarahan masif, lemas. Kalo faktor kondisi ibu dan janin baik baik aja, maka kita bisa fokus ke pengeluaran asi. Segera setelah ibu selesai operasi, cek payudara keluar asi gak setelah disusui, kalo g keluar, pakai teknik rangsangan. Ibu juga cek kontraksi ibu, masih suka mules gak, nah kalo masih mules pasca melahirkan baik normal atau Sc, ibu g usah takut, itu kontraksi yang ngebantu juga untuk pengeluaran asi (selalu inget, kontraksi mempengaruhi pengeluaran oksitosin) ^_^
Itu maksudnya luka di puting ibunya

Tknik rangsangan apa sj dok?
Dr. Dimas: Ada di postingan saya di atas bu 😁
Dan tentunya seperti yang dibilang pak rahmat, harus kondisi senyaman mungkin dan senang 😊Hihi si dedek gampang kok biar mangap, deketin aja putingnya di atas mulut, nah pas langsung mangap lebar langsung dikasih deh. Nah biar pas atau enggaknya nanti liat di gambar lagi ^_^


Hoho.kykny perlu bantuan orla utk ngeliat aerola bawah lbh nutup smua drpd aerola atas y dok?plus bibir bawah si dedek smpai ndomble kluar..humm.bismillaaaah

Rahmat‬: maaf dok, sedikit menambahkan…IMD sebenarnya ga harus ASI keluar, IMD itu intinya skin to skin contact, bayi pun ga harus mencapai puting..kalo pun langsung menyusu, maka itu jadi bonus..IMD minimal dilakukan 60 menit didada ibu:D
Dr. Dimas: Ah iya pak rahmat saya melupakan hal itu, nanti si bayi di letakkan di antara kedua puting kepalanya. _^
IMD berguna buat bayi biar g bingung puting juga, dan selama imd dekati telapak bayi ke hidung bayi. Karena bau telapak bayi itu sama dengan bau puting ibu
Kalo si bayi lagi tidur perhatikan suara nafasnya ya, apalagi pasca menyusui. Karena sering kejadian juga bayi tersedak dan air susunya masuk paru paru
Dan beberapa kali ngeliat pasien anak, suka dibawanya udah dalam kondisi batuk batuk yang g brenti brenti (hasil rontgennya biasanya jelek). ayah bisa lebih aware

Sekalian mau tanya dok gimana supaya ga masuk paru2 asinya…ohya apa benar kalo setelah disusui baiknya bayi di pukpuk d pundak kita posisi tubuh bayi tegak lurus sampai bayi “tahak”

saya ingin bertanya Juga,, bgmna mengetahui bahwa ASI yg diberikan ibu kpda bayi itu berkualitas? Apkh dgn melihat pertambahan BB bayi yg mningkat drastis atw bgmna? Bayi saya 3 bln, akhir2 ini kog seperti mau muntah gitu ya? Untuk minumnya kuat dan sering, terkadang tiap jam minum ASI. Oya, sering juga nampaknya bayi itu haus dan bingung mencari puting, tapi setelah disodorin puting si bayi itu malah hoek kyak mau muntah gitu.
Kira2 knpa ya?
Oya, klu bayi ngASI lbih dr 2 thun itu bgmna?
Gmna biar tundem nursing bisa sukses?

Dr. Dimas: Berat badan bayi tergantung dari jumlah Asi yang dikeluarkan apakah kurang atau tidak setiap kali dia menyusu. Tanda tanda bayi kurang Asi seperti apa?
1. Berat badan bayi tidak naik. Jika pertambahan berat badan bayi kurang dari 500 gram/bulan, atau setelah 2 minggu berat badannya kurang dari berat sebelumnya
2. Bayi mengompol kurang dari 6 kali sehari, bau dan warnanya kuning tua. Semakin bayi banyak ngompol semakin bagus
Itu tanda pasti, tapi ada juga yang tanda “mungkin” kurang
1. Bayi tidak puas setelah menyusu
2. Bayi sering menyusu
3. Bayi jarang bab
4. Bayi sering menangis
5. Kotoran bayi keras dan kehijauan
6. Selama kehamilan payudara tidak membesar

Suaranya kyk apa dok yg mencurigakan.?
Dr. Dimas: Grok, tapi lebih halus, g benar benar brisik kayak mengrok

Dr. Dimas: Iya, teknik tepuk itu digunakan agar bayi tidak kembung, dan bayi kadang nangis kalo perutnya kembung, (selalu ingat menangis itu tidak melulu lapar). Supaya g masuk paru
1. Posisi bayi miring, agar ketika dia muntah langsung keluar. (jangan menyusui dalam posisi bayi telentang), kepala bayi sedikit lebih tinggi dibandingkan tungkai bawah
2. Di sistem pencernaan kita ada yang namanya epiglotis (fungsinya untuk memberi batasan saluran pencernaan dan saluran pernapasan). Dan epiglotis itu akan mengarahkan ke saluran pencernaan ketika terdapat ada makanan di mulut dan mulut dalam kondisi tertutup. Makanya orang yang makan sambil ngomong bisa tersedak. Begitu juga dengan bayi, jangan lagi enak enak nyusu trus di luar ujan, dan akhirnya dilepas paksa gitu aja ketika diasikan. Dan mulut dalam kondisi terbuka, yang mengakibatkan tersedak. Maksudnya di luar ujan, si ibunya ngangkat cucian dulu 😁
#misal

Dr. Dimas: Ibu menilai “nampak” hausnya seperti apa? Dari segi nutrisi asi dianjurkan sampai usia 2 tahun, karena kandungannya sudah tidak lagi mencukupi untuk anak. Di usia 6 bulan ke atas aja Asi sudah harus didampingi dengan makanan pendamping lain. Dan menyusui setelah 2 tahun kebutuhannya bukan karena nutrisi lagi tapi lebih ke kebutuhan untuk disayang πŸ˜ƒ Tapi boleh g dikasi setelah 2 tahun? Boleh boleh saja

Rahmat: dalam bahasa indonesia, sebenarnya SERDAWA bukan SENDAWA 😊

Anak tmn sy nenen byk bgt smpai gumoh. Tp BB bayi cm naik 1 ons slma 2 minggu. Knpa ya? Asi tdk brkualitas / bgmna?
Rahmat‬: usia bayinya berapa?
Klu haus kan biasanya si baby gelisah dan mulutnya “mangap2” gitu pak dokter,,,
Lha itu tandany sama, tapi biasany setelah bbrapa saat slese nenen,, mgkinkah masih haus? Tpi kog ktika dikasih puting lg hoek gitu..
Dr. Dimas:
Al baqarah 233
Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.
Bahkan sebelum 2 tahun aja sudah boleh disapih ^_^
Tapi harus dengan musyawarah suami istri,

Dr. Dimas: Ibu A n’ A, lihat usianya ibu, nanti dicocokkan dengan grafik berat badan/usia yang ada di KMS (Kartu Menuju Sehat)

Grafik usia setelah 6 bulan juga ada, bisa di download di website WHO.
Yang kurang itu jika grafiknya dibawah -2 ya
http://www.who.int/childgrowth/standards/weight_for_age/en/
Nanti pilih yang Z scores

Mau nanya juga dunk mungkin ada yg pernah mengalami … bayi saya umur 3 bulan… klo sedang bangun aktif ga mau nete.. padahal sudah 2 -3 jam tidak menyusui… dan kelihatannya haus… karena tangannya masuk semua kemulut… itu knp ya?
Dr. Dimas‬: Mungkin harus dijawab pertanyaan ini dulu pak.
1. Apakah bayi dibiasakan menggunakan Asi perah dengan botol dot? (penyebab bingung puting)
2. Apakah puting terdapat luka sebelum bayi menolak susu?
3. Apakah bayi terdapat luka memar di punggung? Jika ya berarti cara menggendongnya yang salah ketika menyusui, sehingga bayi tidak nyaman
4. Apakah ada perilaku ibu yang berubah? Misal ibu gonta ganti parfum, mengganti aroma sabun mandi atau shampo
5. Apakah ibu bereaksi berlebihan? Misal teriak kencang ketika bayi mengigit puting. Menyebabkan bayi trauma
6. Apakah ibu stress belakangan ini? Karena berpengaruh pada ikatan ibu dan bayi
7. Apakah bayi sering bergonta ganti pengasuh?
Oh iya satu lagi,
Pemberian Asi tidak harus ngeliat bayi nangis dll ya.
Tawarkan puting sesering mungkin. Kalo udah kenyang juga g bakal nyusu lagi

Jawab
1. Untuk asip pake perah dok
2. Untuk puting keadaan ok
3. Kemarin sempat memar di dada
4. Perilaku ibu tetap sama
5. Tidak ada reaksi yg berlebihan
6. Karena anaknya ga mau nyusu mungkin ibunya agak kepikiran
7. Ya banyak yang gendong dan punya 2 pengasuh
Klo seperti itu gimana dok?
Asip pake sendok
Ini dari jam 4 pagi ndak mau nyusu
Klo setengah ngantuk atau baru bangun tidur baru mau menyusu

Dr. Dimas:
1. Jangan terlalu sering dengan Asi perahan. Bayi itu belajar dari puting, bayi harus menyedot dan sedikit gigitan dulu baru Asi keluar. Dibiasakan dengan perahan membuat bayi mendapatkan Asi dengan mudah, dan malas menyedot.
2. Coba posisinya diperbaiki lagi berarti ketika menyusui
3. Hindari stres
4. Bayi itu indera yang paling tajam itu dari penciuman dan rasa, jangan sering sering digendong sama orang lain
5. Perbanyak skin to skin contact dengan ibu
Biasakan topless kalo di rumah ketika menyusu. Intinya ketika g mau nyusu jangan langsung diletakkan di tempat tidur gitu aja. Bayi bisa tertidur dalam pelukan ibu aja sudah satu hal yang positif. β€œkenyamanan”. Makanya pada IMD g langsung dikasih puting kan? Hhe. Diletakkan di atas dada ibu, diposisikan kepala di antara puting, nanti dia sendiri yang cari puting emaknya πŸ˜‚ (duh lucunya bayi ini hihi)
Topless: dadanya tidak terbungkus, gimana ngebahasinnya ya. Hmm

Dok, untuk bayi 9month berat badan tetap 3bulan ini. 7.9 kg. Apakah ada yg salah dari MPASI atau pemberian ASI nya ya?
Setelah 6Bulan ++ atau usia MPASI sudah boleh minum sufor atau lebih baik ASI saja? Terimakasih. ::prima::

Boleh minum sufor, tapi akan lebih baik memperpanjang Asi untuk perkembangan dan pertumbuhan. Sekali anak dikasi sufor, maka dia g bakal mau dikasi Asi lagi. Sufor itu “jahat” rasanya dibikin lebih enak dibandingin asi. Udah deh si debay bisa keenakan dan g mau Asi lagi. πŸ˜…
Tapi selalu ingat ya pak, rekomendasi ikatan dokter anak Indonesia, ketentuan jika bayi sudah disapih sebelum 12 bulan maka susu formulanya harus yang sudah difortifikasi zat besi. G boleh susu sapi

Maksudnya difortifikasi dok?
Kalo bukan susu sapi lalu?

Dr. Dimas: Susu formula (g dari sapi), Fortifikasi: penambahan nutrien dalam zat pangan. Dalam hal ini zat besi yang sudah difortifikasi sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi
Seperti susu soya atau kambing gitu?
Saya taunya klo sufor dr sapi smua πŸ˜…
Dr. Dimas: Justru perusahaan susu formula sedang berlomba lomba membuat sufor yang g dari sapi bu. Mengingat insidensi alergi protein sapi yang meningkat πŸ™‚

Saya baru menyimak info2 sebelumnya,bagaimana penanganan utk anak yg kurang asi ya?
Dr. Dimas:
Maaf baru buka hp lagi, kurang Asi maksudnya asinya g banyak keluar?
Usianya 1 bln, tp BB d bawah garis hitam d kms. Pdhal nenen smpai gumoh2. Ktannya gt..
It ap asi tdk brkualotas atau ad kmungkinan lain?

Dr. Dimas: Ibu Ana, ibu pake grafik yang diatasnya lagi kan? Bukan yang 6-12 bulan?Beratnya memang berapa?
Iya, d kms di posyandu pak…
Dr. Dimas: Beratnya berapa?

Dok mau nanya dong..anak sy setelah lahir sempet masuk NICU selama 6 hari..selama di NICU si dede minumnya campur2 sama RS dikasih sufor..padahal tiap hari sy kirimin asi..Sekarang si dede usia 6 bln..apakah si dede dianggap lulus ASI eksklusif?terima kasih
Dr. Dimas‬: Seperti yang dibilang pak rahmat, Asi eksklusif hanya Asi saja. Dari mulai lahir sampai 6 bulan. Mmm sudut pandangnya bukan lulus asi eksklusif, tapi memaksimalkan Asi ^_^

Dr. Dimas: Karena harus dilihat beberapa faktor, bayi yang lahir kurang bulan, atau BBLR (Berat Badan Lahir Rendah) kurang dari 2500 tentu grafik pertumbuhan awal bulannya sedikit berbeda dengan yang normal πŸ™‚ Coba cek grafiknya lagi siapa tau saah baca, karena kalo dibawah garis hitam harus sudah dibawa ke dokter anak loh
Oo gt ya dok. Mmg bb lahir cm 2,3 aja.
Dl jg dnyatakn kurang gizi pas bb g naik2 itu.

Dr. Dimas‬: Nah ternyata benar, jadi memang untuk BBLR ada pengecualian πŸ™‚
Tentu harus rutin kontrol sampai dia mampu catch up dengan “teman temannya”

@ibu anna: Asi sedikit keluar jangan berhenti untuk menyusu, gpp bayinya netenya agak lebih lama, nanti kalo udah kenyang juga lepas sendiri. Rangsangan oksitosin itu salah satunya dari sedotan bayi dan pengeluaran asi. Nanti lama lama akan deras dengan sendirinya

Untuk ibu ibu yang super sibuk, tetaplah sering memerah dan ditampung ketika lagi tidak menyusui. Karena jika asi tidak dikeluarkan akan mengakibatkan peradangan pada payudara dan asi akan sulit keluar lagi

Menyambung yg td dok,melihat tnda2 bayi asi kuranf kok sprtnya ank sy bgtu ya,terutama bln ini kmrn wktu timbang kenaikan bbnya hnya 700 gr kurang dr 200gr klo sesuai kms. Ank sya lahir ckup bulan dgn bb 2,7kg skrh mau msuk 3bln dok

Asi eksklusif: hnya asi saja yg masuk
Lha klu kasusnya gini pak, pas lg bersihin pup si baby, kakinya kan diangkat tuh, nah tiba2 mancur tuh air kencing si baby dan ga sengaja ada yg masuk mulutnya. Itu gmna pak dokter ?

Asi sy kluar 1minggu stlh lahir,dan stlhnya ttp sy susukan sesering dan selama mungkin tp ya gtu dok anak sya sprti kurang trs,tdurnya tdk nyenyak dan rewel
Dr. Dimas: @ibu maryam
Gampangnya begini bu,
Pada saat asi eksklusif, kalo anak sakit boleh g minum obat? Padahal demam tinggi. Kan lagi Asi eksklusif. 😁
Klo lm tdk dsusukan srg rembes asinya tp ketika di pumping mrntok dpt 30ml dok
Dr. Dimas: Sekarang beratnya berapa bu anna?
Terakhir tgl 21 kmrn 4,2kg dok
Akhirnya menyambi sufor dok skrg utk mngjr bbnya
Dr. Dimas:
Sebelum jawab tentang bb, kita selalu perhatikan terlebih dahulu, kenapa bayi nangis atau rewel. Karena nangis atau rewel itu tidak selalu karena lapar
1. Kesakitan: apakah baju terlalu ketat, apakah karet pinggangnya terlalu kencang, apakah ada kemerahan pada leher atau pinggangnya?
2. Merasa tidak nyaman: popok basah? Apakah kulit bayi panas, dingin? Apakah berkeringat?
3. Merasa tidak aman: gendong dan dekap bayi
4. Kelelahan: gendong dan bawa ke tempat yang sepi dan tenang
5. Kelaparan: susui, biarkan bayi yang memutuskan kapan dia melepas puting
6. Kolik/perut kembung: serdawakan bayi
7. Memang sifat bayi: perhatiin deh ada bayi yang anteng sama g bisa diem πŸ˜…. Kalo seperti ini lebih seringlah untuk digendong atau dibawa bawa
8. Pengaruh makanan ibu: ingat obat apa aja yang pernah dimakan
9. Sakit: biasanya yang dikeluhkan bayi kurang 6 bulan, demam, sesak, sulit bab, diare, dermatitis (radang kulit), batuk, pilek

Dr. Dimas: 3 bulan 4,2 termasuk bagus loh bu. Target per bulan itu minimal 500 gr
Coba ibu sambil cek grafik deh
Kalo ibu ada datanya, boleh dilampirkan berat badan dari lahir, bulan pertama, kedua, dan ketiga?
Anak saya klo rewel ngilangin rewelnya cuma dgn nete jd ibu saya memperkirakan pasti kurang asinya 😞 Hari 1=2,7kg, hari 7=2,9, 1 bulan=3,5kg, 1bln 2minggu=4,1 kg (pd saat itu ke dsa krna ada gjla pilek) lalu 2 minggu kemudian dr dsa dtimbang lg 4,2 itu dok. Padahal netenya lama dan sering
Dr. Dimas: Harus liat dari yang lain dulu coba ketika dia menangis ^_^
Coba cek syaratnya lagi ya bu
“pertambahan berat badan bayi kurang dari 500 gram/bulan, atau setelah 2 minggu berat badannya kurang dari berat sebelumnya”
Menurut ibu memenuhi di atas gak? Hebatnya ciptaan Allah, Asi itu kualitasnya baik, sehingga tidak ada kesenjangan antara si kaya dan si miskin. Adil kan? ^_^
Kecuali beberapa faktor, misal obat obatan yang mempengaruhi asi, infeksi pada payudara, tumor, gangguan hormon. Yang jadi sering bermasalah itu kuantitas,

Mw tanya,apakah sebenarnya ASI bisa habis? Bahkan disaat bayi msih masa ASI exclusive (<2th)..?

Rahmat:
Ibu Maryam: ASI Eksklusif merujuk pada hanya ASI saja dan tidak ada makanan-minuman bagi bayi selain ASI, jelas air kencing bukan termasuk minuman, dan juga obat bukan termasuk makanan
Dr. Dimas:
Dulu orang orang quraisy sering banget tuh nitipin anak ke suku dalam (badui), buat jadi ibu susu. Kok mereka bisa keluar terus ya? Padahal kan mereka g abis melahirkan. 😁
Kuncinya di hormon yang saya jelaskan sebelumnya. Asi itu semakin sering digunakan, produksinya bukan berkurang justru semakin banyak. Selama Asi terus dikeluarkan atau puting terus disedot rangsangan akan selalu ada untuk melakukan produksi dan pengeluaran asi

“ASI Eksklusif merujuk pada hanya ASI saja dan tidak ada makanan-minuman bagi bayi selain ASI, jelas air kencing bukan termasuk minuman, dan juga obat bukan termasuk makanan” Kalau air putih, Dok?
Dr. Dimas:
Sama itu minuman
Jadi tanpa air putih juga

Rahmat:
ilustrasi penjelasan pak dokter soal produksi ASI, saya pernah bikin begini
Krn sy suka dengar pnglman ibu yg punya bayi dsaat harusnya bayinya msih ASIexcl beralasan ASInya tlah habis. Dan kmrin istri sy jg diingetin sm nenek2 gt,blg klo ibunya ga pke gurita smpe 2bln penuh aln mbwt ASInya habis sblm 6bln…
Dr. Dimas:
Jangankan lahir normal ya bu, indikasi pemakaian gurita aja pada Sc 2 minggu aja udah dilepas. 😁
Untuk urusan Asi harus based on refference bu intinya. Karena kalo main “dokter dokteran” kita sendiri yang pusing malah jadi kepikiran trus akhirnya stress malah bikin pengeluaran asi menurun

☝bayi umur 3bulan 2minggu berat 8kg.. sya bekerja..
2minggu pertama bekerja bayi sya tinggal dgan susu perah..pakai dot.. bisa habis 5botol dgan 80-100ml per botol..
Kemudian mengalami bingung puting..setelah itu disarankan oleh teman pakai sndok.. ketika pake sendok..bayi malah susah nenen..sehari habis 3 botol sja..berat badan juga turun..
Minta solusi biar ga bingung puting dan tetap nenen banyak.. kondisi skrg akhirnya sya kasih dot lagi.. terima kasih
Dr. Dimas:
3 bulan 8 kg bu? Bayinya gede banget 😁
Setelah 1 tahun nanti diliat lagi Bbnya ya bu, overweight pada anak anak juga tidak bagus.
Kalo sekarang gpp πŸ˜€
Tetap usahakan skin to skin lebih sering, hilangkan faktor faktor yang bikin bayi g mau attach seperti yang saya jelasin di atas.

utk kenaikan bb bayi tiap bulan 500 gram itu brlaku smpai bayi usia brapa?
ank sy 11.5 bulan, sejak 2 bulan bb tetap 7.8 kg krna saat itu dy sering demam.. tp alhmdulillah spekan lalu 8.1 kg

apakah bayi yg sdh aktf bergerak, merangkak, bljar jalan dll…kenaikan bb ttp 500 grm/bln?
Dr. Dimas‬: Tidak bu, cukup liat grafik aja ^_^

Dr. Dimas:
Pada masa asi eksklusif bu πŸ™‚
Dipantau juga dengan grafik yang sudah saya jelaskan di atas. Karena Asi eksklusif itu hanya Asi saja, g bisa di catch up dengan makanan lain. Setelah 6 bulan cukup liat grafik aja, normal atau tidak berdasarkan berat badan/usia

Dr. Dimas: Oh iya tambahan,
Kenapa zat besi (fe) begitu penting bagi anak? Karena zat besi adalah bahan untuk produksi sel darah merah yang berperan juga dalam proses pengangkutan nutrisi.
Jadi buat ayah nih atau ibu, setiap 2 minggu atau 1 bulan, iseng iseng aja buka kelopak mata bawah pucat atau tidak.
Jika pucat hati hati anemia karena kekurangan fe.
Jadi perlu juga diwaspadai bagi anak yang beratnya kurang, terkait anemia ini
Iya bu gpp, karena pada anak itu g hanya sekadar tumbuh tapi kebutuhan nutrisinya juga untuk perkembangan
Perkembangan bukan berarti mengembang ya, maksudnya makin berat, tapi ke fungsi fungsi organ misal otak, dan organ lain

kl kt ortu sy, anak sy kekurangan gizi…krn diliatnya bb sgitu kekurusan…
sy disuruh gemukin bbnya, entah pke sufor ap “dicekok”..
bayi dicekokin baik tdk dok?

Baby sy abis divaksin penta bio1, nah kata bubid itu reaksinya rewel dan panas…
Nah terus dikasih paracetamol sirup tiap 6 jam sekali diminumkan…
Obat ngaruh ke asi eksklusif ga?
Dr. Dimas‬: Sekali lagi jangan dilihat aja bu, based on data, kalo ibunya sering ngeliat anak gendut ya bilang anaknya bisa kurus. Tetap lihat grafik.
Untuk menggemukkan harus ada hitung hitungannya bu g boleh asal, ada rumusnya yang nantinya akan dibuat pola makannya. Disarankan ke dokter anak, kalo punya kenalan spesialis anak dengan sub spesialis tumbuh kembang lebih baik.

Enggak bu, seperti yang sudah dijelaskan pak rahmat, obat itu bukan makanan atau minuman ^_^

Jadi baby 3 bln tetap boleh dikasih obat ya dok… πŸ˜ƒ
Liatny kog kasihan…

iya dok, krn ibu sy semua cucuny (dr kk sy) wkt bayi pd gemuk, dksh sufor…skaliny liat ank sy yg non sufor dbilang kurus…hehe. brati ttp dbilang normal kan dok, usia hmpir 1 thn hnya 8.1 kg? 😁 dan utk menggemukan ketika sekira bb bayi dbwah normal…bgtu dok?
maaf njih…
Dr. Dimas: Ibu kalo ngeliat di inkubator bayi dipasang selang infus dengan terpasang selang makanan bakal lebih kasihan lagi liatnya 😷
Iya bu, bener. Makanya coba perhatiin deh anak kebanyakan semakin bertambah usia, bakal memanjang dan perawakannya g segemuk sebelumnya. 😊
Karena pertumbuhan dan perkembangan masanya akan selalu beda πŸ™‚
Iya bener bu πŸ˜ŠπŸ‘πŸ»

Bahasan kita agak melebar ya. Tp Alhamdulillah dpt tambahan ilmu. 😊
Kembali ke topik tentang ayah Asi. Sang ayah mesti bener2 tebel kuping ya utk jd ayah Asi. Ga boleh mudah terpengaruh dengan saran orang2 terdekat utk kasih sufor. Apalagi jika alasannya terkait mitos dan hanya ‘katanya’. Karena kalo ayah udah pesimis dan ga mendukung ke siapa lg istri minta dikuatkan. Semoga para ayah senantiasa ‘istiqomah’ di jalan Asi. πŸ˜€
Apalagi kalo bahas BB (berat badan), sufor selalu dianggap efektif buat bikin gemuk, padahal kalo ayah tergoda, yg bakal ga aman jg dompet si ayah. Ada pengeluaran tambahan tiap bulan. πŸ˜€

Dr. Dimas:
Sama sama ibu, sesungguhnya saya belum berkeluarga, jadi ilmu yang saya dapat dari belajar dulu di kedokteran, diskusi dengan spesialis anak, kesukaan akan anak anak (mohon doanya nanti saya akan ambil spesialis anak), dan pengalaman dari ibu ibu sendiri di rumah sakit atau di klinik
Jadi boleh sharing sharing terutama disini nih yang udah berkeluarga ^_^
Oh iya, buat yang kiranya rumahnya jauh dari fasilitas kesehatan sekunder, ibu g usah jauh jauh ke spesialis anak untuk hanya sekadar konsul Asi, ayah juga boleh bisa ikut ke puskesmas. Di puskesmas ada bidan, dokter, sama perawat. Insyaallah mereka mengerti Asi. Karena materi Asi materi dasar yang wajib dikuasai tenaga kesehatan ^_^ Buat orang tua yang ngeyel ngasih sufor di 6 bulan pertama
Pengaturan mengenai pemberian air susu ibu (“ASI”) eksklusif diatur dalam Pasal 128 UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan (β€œUU Kesehatan”) yang berbunyi:
(1) Setiap bayi berhak mendapatkan air susu ibu eksklusif sejak dilahirkan selama 6 (enam) bulan, kecuali atas indikasi medis.
(2) Selama pemberian air susu ibu, pihak keluarga, Pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat harus mendukung ibu bayi secara penuh dengan penyediaan waktu dan fasilitas khusus.
(3) Penyediaan fasilitas khusus sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diadakan di tempat kerja dan tempat sarana umum

Iya Dokter.Dimas,.makasi.sharing info nya,.Alhamdulillah panduan penambahan.berat badan bayi nya sesuai, anak saya sudah masuk 4 bulan,.Kisaran 5,5 Kg, Alhamdulillah juga itu linier peningkatan nya ada di istri juga tadi nya 50kg sekarang 70kg, penting utk ngeladenin cerita istri dan ngasi asupan yang terbaik, krn ngaruh ya Dok sama keluar nya ASI?

Dr. Dimas:
Alhamdulillah ^_^
Iya bener pak, faktor psikologis ibu penting. Apapun yang disalahkan orang tua ke istri, kita jangan ikut omel omelin, meskipun mungkin ada kalanya orang tua yang benar.
Tetap saling diskusi, kalo g tau sama sama cari tahu terhadap permasalahan yang ada. Saran saya kalo mau searching lebih baik download panduan panduan yang berbentuk pdf misal yang diterbitkan departemen kesehatan. Dibandingkan Web atau blog yang belum bisa dipertanggung jawabkan sumbernya

Punteun masih boleh tanya? Klo boleh saya ingin lebih tahu lagi, alasan mengapa bayi sebaiknya disusui sampai 2 tahun. Bukan lebih dari 2 tahun ya. Ketika sy sudah waktunya menyapih anak saya, tentu saja ada perasaan tidak tega, saudara saya pun ada yg menyusui hingga anaknya berusia 3 tahun dan ASI-nya masih deras. Namun Bapak saya mengatakan, di Qur’an jg disebutkan bahwa menyusui itu maksimal sampai 2 tahun spt ayat yg sudah dokter tulis td. Saya akhirnya berusaha menyapih dan berhasil alhamdulillah. Pernah dengar katanya lepas 2 tahun :
1. ASi ibu yg dulunya sangat baik utk bayi, kualitasnya menurun utk sang bayi jika ibu tetap menyusui more than 2 years.
2. Bayi perlu melepas mimi ke ibu-nya agar mulutnya dapat mengasah kemampuannya dg lbh baik. Mulai diperkenalkan dg berbagai makanan. Lebih variatif lg dari masa MPASI.
Mohon tanggapan Pak Dokter ya πŸ™‚ nuhun.
Dr. Dimas: @bunda Aisya: iya betul sekali lagi bu. ^_^
Setelah 2 tahun kandungan lemaknya yang justru mulai mendominasi air susunya πŸ™‚

Rahmat:
2 tahun didalam alquran disebutkan bagi yang ingin menyempurnakan, jadi 2 tahun yah sempurna sudah. pak dokter dimas udah sebutkan boleh2 saja jika lebih dari 2 tahun..selain lemak, ada juga vitamin A nya.
seringkali menyapih anak tidak semudah yang dibayangkan, kaya mutusin pacar sepihak 😊
kalau memulainya dengan cinta, kan mengakhiri menyusui sebaiknya juga dengan cinta, meski seringkali banyak ibu2 yg justru baper abis 😊
itu kenapa banyak yg menyusui lebih dari 2 tahun, pak dokter juga bilang, tujuannya udah bukan utk pemenuhan nutrisi, tp lebih ke kasih sayang

***

Hasil diskusi kami dapat dilihat di pentingplusplus.forumindonesiamuda.org

Dan pemenang atas kejutan dari mimin yaitu ….
Jeng jeng jeng
Berikut jawabannya:
*1. Apa yang kamu pikirkan tentang Ayah ASI?*
Menurut saya, Ayah ASI atau breastfeeding father adalah kombinasi pikiran dan tindakan seorang ayah dalam mendukung 100% proses menyusui istri kepada anak, dalam bentuk materiil maupun moril. Ayah ASI harus selalu siaga dan menjaga ketenangan serta kondisi hati yang senang pada istri, agar ASI yang dikeluarkan ibu banyak, lancar dan tercapai bonding antara ibu-anak-ayah.

*2. Bagaimana mengajak Suami (bagi perempuan) atau diri sendiri (bagi laki-laki) untuk menjadi ayah ASI?*
Istri bisa berkomunikasi dengan suami jauh hari sebelum merencanakan memiliki anak dan saat hamil. Memberikan artikel tentang artikel parenting dan proses menyusui (untuk dibaca dan dipahami bersama), memberitahukan apa saja preferensi istri (hal-hal atau perlakuan yang membuat istri senang, dll).

Untuk suami, belajar dari sumber-sumber di majalah, buku, internet, orang lain yang sudah berpengalaman.
Selain itu full memberi dukungan kepada istri, menyediakan makanan dan minuman sehat untuk istri, mendengarkan keluhannya dan menghiburnya, membantu menggendong anak, menyendawakan setelah menyusui, memandikan anak, membuat makanan pendamping ASI, dan lain-lain.
Mencoba menyadarkan diri sendiri pentingnya menjadi ayah ASI untuk masa depan anak dan keluarga.

*3. Jika Ibu sedang Menyusui sambil tiduran di kamar, maka ayah sebaiknya me…*
Menemani dan menyediakan situasi yang mendukung kenyamanan hati dan fisik istri, bersiap jika istri minta tolong apa saja.

Kesimpulannya:
Happy daddy -> happy mommy -> happy kids :))

Selamat kepada Kak Kenniko πŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽŠπŸŽŠπŸ’ƒπŸ»πŸ’ƒπŸ»πŸ’ƒπŸ»πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘
Berhak mendapatkan hadiah sebuah buku dari mimin.
Silahkan japri mimin yaaa~~

Kenniko: Waaaa terima kasih πŸ˜ƒπŸ˜πŸ‘ Pas bgt waktunya dpt buku pas istri mau lahiran πŸ‘πŸ‘πŸ‘

Kalau kamu ingin baca tulisan-tulisan saya yang lainnya, bisa baca daftar tulisan saya di: Daftar Isi

Download E-book gratis di: twinpath.kindipress.com/downloads

Dapatkan update info terbaru tentang ide-ide dari saya dan suami di medium.com/ersti-ken

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: