Sharing Bunda Produktif Grup Institut Ibu Profesional Surabaya 26/05/2016

“Bunda Produktif: Menggali minat, bakat & passion diri, sharing pengembangan bisnis merujuk pada kurikulum bunda produktif.”
Assalaamu’alaikum wr.wb.
Bunda-bunda dan Mbak-mbak sekalian. Maaf baru bisa sharing Bunda Produktif hari ini, padahal harusnya Senin ☺️
Kali ini saya ingin berbagi tentang pengalaman produktivitas selama hamil 9 bulan. Saat ini usia kehamilan saya sudah memasuki 9 bulan lebih. Terlebih, sudah 3 bulan ini saya mengambil cuti kuliah. Otomatis, fokusnya saat ini memberikan kondisi yang terbaik untuk calon anak dan melayani suami di rumah. Kebetulan suami adalah bapak rumah tangga (karena bekerja dari rumah), hehehe. Lalu, apa saja yang saya lakukan selama ini?
Selain untuk membunuh kebosanan, saya juga mencari aktivitas yang tetap sesuai passion untuk aktualisasi diri serta tetap mendapatkan inspirasi, sehingga tidak mati gaya. 

1. Belajar Skill Brushlettering

Setelah awal Mei lalu mengikuti workshop Brushlettering bersama Komunitas Crafter Sidoarjo (Komuter Ijo), saya makin tertarik menekuni skill baru ini. Brushlettering, salah satu cabang dari seni kaligrafi, ternyata berhasil membuat jiwa seni yang lama tidak dipupuk sejak lulus kuliah S1 bangkit lagi. Hehehe. Berbekal keingintahuan atas skill baru yang tampaknya sekarang sedang ngetren ini, saya mulai belajar menggunakan cat air, pen brush, dan water brush. Alhamdulillah suami mendukung. Saya juga mencoba iseng membuat karya-karya saya tidak hanya teronggok di rumah, tapi diberikan kepada orang lain. Entah dipigura, diselipkan di kado pernikahan dan ulang tahun teman, dan lain-lain. Alhamdulillah mendapatkan respon positif dari yang menerima hadiahnya. Entah mengapa rasanya senang sekali bisa memberikan sesuatu walaupun hanya tulisan sederhana seperti itu.
Sekarang masih berlatih menemukan style dan melatih kesabaran menulis dengan tebal tipis secara otomatis, tidak hanya mencontoh dari video tutorial atau gambar di internet, tetapi benar-benar membuat kata-kata sendiri. Walaupun masih belajar dan belum mendapat pemasukan dari skill ini, yang penting menikmati prosesnya dan juga iseng membangun portfolio dengan mengupload karya di Instagram. Membuat akun @lalalalettering untuk mengumpulkan karya dari awal belajar hingga sekarang. Belum semua karya diupload di situ.
Melalui lettering, kita dapat berdakwah dengan cara yang elegan dan menarik. Saya juga browsing hashtag #quranlettering atau #dakwahlettering di Instagram. Jadi, tidak hanya menulis quote atau kalimat positif saja, tetapi kadang juga ayat quran atau pepatah yang inspiratif. Rencana ke depan, ingin membuat kartu lebaran dengan brushlettering. Siapa tahu ke depannya bisa menghasilkan pemasukan tambahan juga dari skill ini. 
Screen Shot 2016-05-26 at 6.49.52 AM
Instagram portfolio karya brushlettering saya @lalalalettering
Quote Lovin IG
Instagram @quote.lovin.1
Homelearningme IG
Instagram @homelearningme
Peralatan Tempur Brush Lettering
Peralatan tempur Brushlettering saya: Air, Water Brush, Brush Pen, Kertas Sketchbook, Kertas Samsons, Pensil, Kuas

2. Berjualan Buku Hasil Karya Tulisan dengan Suami

Sudah hampir satu tahun sejak buku hasil karya tulisan dengan suami yang berjudul “Twin Path” diterbitkan. Proses menjual buku yang tanpa bantuan penerbit alias indie, memang menguras energi dan pikiran. Tetapi hal itu kami berdua jalani dengan senang. Didasari niat untuk berdakwah, sejak awal buku dibuat, kami ingin sharing pengalaman mulai dari berproses memperbaiki diri mencari separuh hati hingga akhirnya dipertemukan oleh Allah. Kami belajar berproses menuju pernikahan dengan cara yang diridhainya walaupun tertatih-tatih dan memaafkan diri sendiri dari berbagai kenangan buruk di masa lalu. Alhamdulilah dari berjualan buku ini kami mendapatkan pemasukan tambahan sekaligus mendapatkan banyak kenalan baru.
Selengkapnya bisa dilihat di website Twin Path: twinpathbook.com | instagram.com/twin_path

3. Mencoba Mencari Ide Bisnis Baru

Web Design for Kids. Karena suami adalah seorang programmer dan animator, maka saya berusaha membantu beliau untuk memaksimalkan kemampuan yang ada. Saya yang mencari kurikulum dari berbagai sumber untuk diterjemahkan ke bahasa Indonesia, sedangkan suami menyiapkan garis besar konsepnya. Sampai saat ini progressnya masih dalam tahap pembuatan kurikulum, rencananya membuat modul di pdf dan video tutorial di Youtube. Sehingga nantinya sebenarnya tidak hanya anak-anak yang bisa belajar, tapi juga orang dewasa yang masih awam tentang dunia web design. Memang agak molor dari jadwal yang direncanakan, yaitu bulan April (beberapa bulan sebelum melahirkan), tetapi karena kendala urusan-urusan yang lain, sehingga proses pematangan konsepnya butuh waktu lebih lama.
Berjualan Spaghetti Mesir. Setelah cuti kuliah dari Mesir sejak 3 bulan lalu, kami yang memang suka makan Koshary (makanan khas Mesir yang merupakan campuran nasi, makaroni, spaghetti, pasta tomat, dan bawang goreng), mencoba memodifikasi resep tersebut agar sesuai dengan lidah orang Indonesia. Kami menggunakan minyak zaitun selama memasak, serta jamur tiram putih sebagai toppingnya, bukan daging. 

4. Mulai Rutin Posting dan Customize Blog Pribadi Lagi

Export blog yang dipelihara sejak 2009 di blogspot ke lifeasstudentmom.wordpress.com, karena dirasa menggunakan 1 blog saja lebih efektif. Juga bisa melihat perkembangan tulisan sejak zaman sekolah hingga jadi ibu.
– Ikut komunitas Blogger Perempuan di Bloggerperempuan.com. Mendapatkan ilmu baru untuk mempercantik blog dan memaksimalkan fungsi dari blog.
– Ikut komunitas Kumpulan Emak Blogger di emak2blogger.com
– Membiasakan diri menulis review buku yang sudah dibaca (terutama buku tentang pernikahan, parenting, dan keluarga) di blog.
Be professional, rezeki will follow.
Apa yang kita lakukan sebagai bunda produktif, semoga tidak membuat kita terlena dan lupa akan kewajiban utama yaitu melayani suami dan anak-anak, serta mendukung ketaatan kita pada Allah, bukan sebaliknya. Lakukan apa saja yang meningkatkan produktivitas, namun tetap atas ridho suami. Semoga langkah-langkah kecil ini bisa menjadi besar nantinya, diikuti dengan rezeki tambahan, dan yang paling penting berbuah keridhoan Allah. Aamiin.
Bunda Produktif
Tetap semangat menjadi bunda produktif!
Wassalamu’alaikum wr. wb.

Kalau kamu ingin baca tulisan-tulisan saya yang lainnya, bisa baca daftar tulisan saya di: Daftar Isi

Download E-book gratis di: twinpath.kindipress.com/downloads

Dapatkan update info terbaru tentang ide-ide dari saya dan suami di medium.com/ersti-ken

5 Comments

  1. Assalamualaikum mbak,
    Saya mau tanya tentang IIP
    Jika saya ingin bergabung dlm komunitas tsb bgaimana carany y?
    Tapi sy belum menikah apa boleh?
    Terima kasih

    1. PENDAFTARAN PROGRAM MATRIKULASI IBU PROFESIONAL BATCH #4 📣📣

      ❓ APA ITU PROGRAM MATRIKULASI IBU PROFESIONAL BATCH #4

      🍀 Program Matrikulasi Institut Ibu Profesional Batch#4 merupakan kelas awal yang diperuntukkan untuk para Calon Ibu dan Ibu Pembelajar yang ingin memperbaiki diri terus-menerus dan bersungguh-sungguh dalam perannya. Kelas ini berlangsung selama 9 kali tatap muka dengan menggunakan platform WhatsApp.

      🍀 Materi yang dipelajari seputar Ilmu IIP secara global, Adab menuntut Ilmu, Kultur IIP secara umum, Value IIP, dan Misi Komunitas agar memiliki kesamaan kompetensi ilmu-ilmu dasar menjadi seorang “Ibu Profesional” serta memahami kultur komunitas.

      ❓ SIAPAKAH YANG BOLEH IKUT
      ✔ Semua Ibu dan calon ibu dari beragam suku, ras dan agama yang ingin bergabung di komunitas Ibu Profesional
      ✔ Semua ibu dan calon ibu yang sudah masuk grup WA Ibu Profesional dan ingin menjadi member tetap Ibu Profesional
      ✔ Semua Ibu dan calon ibu yang aktif di rumah belajar, passion club, Kelompok minat IIP dan ingin menjadi member tetap Ibu Profesional.

      ❤ Pendaftaran akan ditutup setelah memenuhi kuota.❤
      ===============================================================================================

      ❓ BAGAIMANA CARA MENGIKUTINYA?

      1⃣ Calon peserta program silakan melengkapi form ini, pendaftaran dibuka mulai tanggal 1-7 Mei 2017.

      📕Kelas Peserta Umum:http://bit.ly/DaftarMIIPB4PesertaUmum
      (Kelas Peserta Umum diperuntukkan bagi seluruh ibu dan calon ibu yang ingin bergabung di Institut Ibu Profesional)

      📗Kelas Koordinator: http://bit.ly/DaftarMIIPB4Koordinator
      (Kelas Koordinator diperuntukkan KHUSUS untuk para pengurus Ibu Profesional Kota, Pengurus Rumah Belajar Ibu Profesional, pengurus Sejuta Cinta dll)

      📘Kelas Remedial: http://bit.ly/DaftarMIIPB4Remedial
      (Kelas Remedial diperuntukkan bagi para peserta matrikulasi batch sebelumnya yang BELUM LULUS, yang CUTI di tengah perkuliahan, yang ingin MEMPERDALAM program Matrikulasi lagi)

      📙Kelas Daftar Ulang: http://bit.ly/DaftarMIIPB4PesertaDaftarUlang
      (Kelas Daftar Ulang diperuntukkan KHUSUS bagi yang sudah melakukan pembayaran dibatch sebelumnya, namun karena suatu hal baru bisa mengikuti kelas di batch4 ini)

      2⃣ Membayar investasi matrikulasi sebesar Rp 100.000/org sekaligus biaya membership IIP seumur hidup.

      Investasi ditransfer ke rekening :

      BCA cab Salatiga
      a/c 013 – 0528 – 911
      a/n Septi Peni Wulandani

      Mandiri cab Salatiga
      a/c 135- 000 -530- 3258
      a/n Septi Peni Wulandani

      3⃣ Lakukan KONFIRMASI PEMBAYARAN dengan mengirimkan bukti transfer melalui imel ibuprofesional@gmail.com

      Lalu isi Form: http://bit.ly/KonfirmasiPembayaranMIIPB4

      4⃣ Setelah itu Peserta akan diinvite – dikelompokkan dalam satu grup matrikulasi batch#4.

      ❓ KAPAN KELAS DIMULAI
      📆 Kelas akan dimulai Senin, 15 Mei 2017.

      Salam Ibu Profesional
      /Tim Fasilitator Matrikulasi Institut Ibu Profesional/

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: