6 Cara Hidup Lebih Fokus dan Simpel dari The Power of Less

Kita semua pasti memiliki impian, resolusi, rencana, target, dan yang semacamnya. Namun, apakah semuanya berhasil kita capai? Apakah kita bisa konsisten melakukannya? Saya sendiri menjawab: tidak.

Dunia yang semakin riuh dan overload informasi ini membuat kita sulit fokus, gagal fokus, atau konsentrasi mudah buyar hanya karena ada notifikasi merah-merah atau hijau-hijau dari handphone kita. Benar, bukan?

Nah, ketika saya berkunjung ke Big Bad Wolf (BBW) Book Sale di Surabaya bulan Oktober kemarin, saya menemukan buku ini. Awalnya saya lupa kalau saya pernah memasukkan buku ini dalam to-read list saya di Goodreads. Saya pernah membaca buku tulisan Babauta yang berjudul Zen Habits. Klik di sini>> zen habits book. Bapak dari enam anak ini kabarnya bisa berhenti merokok dan lebih giat berolahraga, lho. Apa rahasianya?

Saya sangat tertarik dengan idenya untuk hidup dengan lebih simpel. Ternyata kami berjodoh. Buku The Power of Less ini ditemukan oleh suami saya di tumpukan buku-buku yang belum terbeli, beberapa menit sebelum bazaar buku BBW berakhir. Zap! Langsung kami angkut ke troli dan kami bayar ke kasir.

Buku ini mencerahkan saya yang multitaskingholic. Memang normal sih, sebagai wanita, kita memiliki daya pembagian otak yang baik. Tapi ternyata multitasking itu bisa merusak otak dan membuat stres. Hiks… tentu ga mau kan?

Saat ini saya sedang proses membacanya sehingga belum bisa menyelesaikan review buku ini. Simak 5 cara membuat hidup lebih fokus dan simpel, serta kebiasaan barumu mudah dicapai, dari buku ini:

 

  1. Bagi menjadi tujuan-tujuan kecil/Smaller Goals. Kira-kira mengapa itu bisa terjadi, ya? Menurut Leo Babauta dalam bukunya The Power of Less, itu karena kita tidak membaginya menjadi tujuan-tujuan kecil. Konon, orang obesitas yang langsung berhasil menurunkan berat badannya misalkan 20 kg dari berat semula, ternyata lebih rentan kembali gemuk lagi dibanding orang yang secara bertahap menurunkan berat badannya 2 kg setiap bulan.

  2. Lakukan selama 30 hari berturut-turut. One habit at a time. Ini yang menjadi kelemahan kita. Kita suka membuat banyak daftar panjang resolusi yang ingin kita lakukan, terutama di akhir tahun. Untuk menyambut tahun baru yang lebih baik. Tapi nyatanya apa? Pada akhir bulan Januari, semangat kita sudah drop. Apa yang salah? Ternyata kita hanya perlu membuat satu habit, lalu tekuni selama 30 hari. Setelah itu, terserah.

  3. Pilih 3 Most-Important-Task (MIT) setiap harinya. Misalkan hari Selasa kamu ingin: 1) Pergi ke kajian tentang pernikahan 2) Membeli kebutuhan bulanan 3) Mengirimkan e-mail penawaran kerjasama. Fokuslah pada 3 hal yang kamu rasa paling penting hari itu saja.

  4. Start Small dan buat target yang realistis dan terukur. Daripada menargetkan 1 hari 1 juz, lebih baik kamu buat target 1 hari 1 halaman Al-Quran plus artinya. Mudah, bukan? Buat target yang mudah untuk kamu lakukan daripada target muluk-muluk yang untuk melakukannya saja kamu pasti malas.

  5. Buat catatan atau laporan harian. Dengan ini kamu jadi lebih mudah memantau apakah kamu sudah on track atau belum. Jangan lewatkan membuat laporan harian ini walaupun hanya sekedar mencentang di kolom jadwal harian, ya.

  6. Matikan segala peralatan elektronik alias gadget saat sedang bekerja. Buat jadwal membuka e-mail misalnya hanya 2 kali sehari: siang saat istirahat bekerja dan malam sebelum tidur. Sehingga saat bekerja, kamu tidak perlu terganggu dengan ratusan notifikasi.

 

Semoga dengan membaca 6 cara di atas, kamu jadi lebih bisa membuat hidupmu teratur dan terstruktur. Hmmm.. note to my self, lah!

With the countless distractions that come from every corner of a modern life, it’s amazing that were ever able to accomplish anything. The Power of Less demonstrates how to streamline your life by identifying the essential and eliminating the unnecessary freeing you from everyday clutter and allowing you to focus on accomplishing the goals that can change your life for the better.

The Power of Less will show you how to:
Break any goal down into manageable tasks
Focus on only a few tasks at a time
Create new and productive habits
Hone your focus
Increase your efficiency
By setting limits for yourself and making the most of the resources you already have, youll finally be able work less, work smarter, and focus on living the life that you deserve. 

Source: goodreads.com

Keep reading and stay less, Moms!

Kalau kamu ingin baca tulisan-tulisan saya yang lainnya, bisa baca daftar tulisan saya di: Daftar Isi

Download E-book gratis di: twinpath.kindipress.com/downloads

Dapatkan update info terbaru tentang ide-ide dari saya dan suami di medium.com/ersti-ken

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: