Think Creative: Menyulap Galon Aqua Menjadi Kuda

Kreativitas anak-anak memang tanpa batas. Maka, jelas salah jika ada yang bilang bahwa kreativitas anak harus ditumbuhkan. Tidak! Anak kita sudah terlahir kreatif.

Seperti yang dituliskan Kreshna Aditya dalam materinya tentang kreativitas, hal yang perlu dilakukan orangtua adalah memberikan dunia untuk dijelajahi, menghargai keunikannya, serta mendorongnya.

Nah, di rumah, si kecil kami bebaskan melakukan apa saja. Walaupun kami tahu itu berbahaya, tapi kami biarkan dulu dia mencobanya. Lalu kami beritahukan bahwa itu berbahaya. Misalkan pegang pisau, memanjat kursi, meja, dan lain-lain.

Selain itu, kami juga tetap mengawasi dia dari jauh. Jadi, kami tidak selalu berada di dekat dia. Kami bebaskan dia bergerak sendiri ke mana-mana. Alhamdulillah dia jadi terbiasa berani ke mana-mana sendiri.

Memang pada beberapa hal dia minta ditemani. Misal dia menarik tangan orangtuanya untuk ditemani naik ke atas meja atau kursi. Ok, kami turuti untuk menemaninya. Kalau dia tidak bisa, kami hanya bilang “Bisa, K pasti bisa.” Sambil sesekali membantunya memegangi untuk naik.

Satu hal lucu yang ia lakukan hari ini adalah mengangkat botol galon air mineral yang hampir kosong dan menggulingkannya, lalu memasukkannya ke ruang di bawah meja, seolah-olah ia menemukan tempat yang pas untuk botol galon air mineral. Lalu kami amati lagi, apa yang ia lakukan.

Ternyata ia naik ke atas botol galon yang sudah ia gulingkan dan menyulapnya menjadi kuda-kudaan. Sambil berteriak, “I ok i ok” alias “hi-hoo hi-hoo” seperti suara kuda. Lucunya tingkahnya setiap hari.

Menstimulasi kreativitas anak itu ternyata cukup mudah. Cukup biarkan saja, lalu awasi, dan amati. Sekian laporan hari ini!

Kalau kamu ingin baca tulisan-tulisan saya yang lainnya, bisa baca daftar tulisan saya di: Daftar Isi

Download E-book gratis di: twinpath.kindipress.com/downloads

Dapatkan update info terbaru tentang ide-ide dari saya dan suami di medium.com/ersti-ken

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: