Visi Misi Pengasuhan dan Pendidikan Anakku oleh Avida Sa’ya

Visi Misi Pengasuhan dan Pendidikan Anakku – #GiveawayFromBabyK

Postingan ini diambil dari blog seorang sahabat dunia maya, Avida Sa’ya, salah satu peserta #GiveawayFromBabyK.

Tuesday, June 13, 2017

Visi Misi Pengasuhan dan Pendidikan Anakku – #GiveawayFromBabyK

Bismillahirrahmanirrahim.
Berawal dari menjadi subscriber blog adiarersti.com, suatu hari ada email yang masuk berisi informasi mengenai giveaway ini, dan berhubung saya sedang hamil 14 minggu, sehingga iseng-isenglah nyoba, siapa tahu dapet buku Rabbit Hole hehehe (aamiin) (karena saya sudah punya buku Kata Ayah hehehe).
Brainstorming untuk visi dan misi ini didasari pada beberapa hal berikut:
– Bahwa kita semua akan kembali ke “rumah” kita yang sebenarnya, sehingga penting untuk menyiapkan “bekal” dan “tabungan”
– Bahwa perkembangan anak dipengaruhi oleh nature dan nurture, yang merupakan tanggung jawab orang tua. Nature berarti kami sendiri harus menjadi pribadi seperti yang kami inginkan untuk anak tiru, sedangkan nurture berarti kami harus merawat dan menjaga fitrah anak sebagai muslim
– Bahwa zaman sudah semakin carut marut, dan kami perlu menyiapkan anak untuk memiliki “jangkar”-nya di masa depan
– Bahwa manusia memiliki keterbatasan, dan kami menyadari tidak akan bisa selamanya menjaga anak kami sehingga kami ingin anak dapat “berdiri sendiri” andaikan kami sudah tidak bisa menjaganya
– Bahwa Allah adalah sebaik-baik penjaga untuk kita, dan saya harap anak-anak kami menjadikan hal ini sebagai salah satu “jangkar”-nya

VISI
Menjadikan anak sebagai investasi akhirat
MISI
– Terus memperbaiki diri menjadi role model yang baik
– Mengenalkan Allah dan menanamkan nilai akidah kepada anak dengan menyenangkan
– Memulai anak belajar agama dari rumah, sehingga tidak begitu saja menyerahkan pendidikan ke sekolah
– Mengenalkan Al-Fatihah dan mengajari membaca Al-Quran kepada anak oleh kami sendiri
– Berusaha selalu memberikan lingkungan yang positif kepada anak
– Membiasakan anak menjadi pribadi yang terus belajar dari berbagai sumber sehingga kelak bisa membandingkan dan memilah dengan baik
– Menanamkan kepada anak nilai bahwa sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain
***
Sejujurnya, saya tidak bisa memilih 3 postingan paling menarik dan inspiratif yang saya baca dari blog adiarersti.com maupun kennikoop.com karena ada banyak sekali hehehe. Karena itu saya berusaha memilih tiga topik dan postingan yang paling saya suka dari tiap topik.
1. Family & Parenting
Postingan yang paling saya suka adalah “Bagaimana Gaya Pengasuhan Anak a la Orangtua Prancis?“. Postingan ini adalah yang pertama saya baca, dan langsung jatuh cinta simply karena materinya. Yang saya suka selain materinya adalah Mbak Ecci melengkapi artikel dengan buku-buku referensi parenting yang bagus untuk dibaca 🙂

Selain artikel itu, saya juga sangat suka dengan artikel:
– Anak Bukan Kertas Kosong, Temani Dirinya Bereksplorasi
– Persalinan Maryam: Melahirkan Kesalihan (berkat artikel ini saya jadi tahu ada metode persalinan dengan rasa sakit minimal selain gentle birth, water birth, dan yang lain-lain yang lagi tren itu, yang insya Allah lebih sesuai dengan ajaran Islam 🙂 terima kasih Mbak Ecci)
– Visi Misi Keluarga Surga (membuat saya kepengen menjadi Keluarga Surga juga 🙂 hehehe)
– Memangnya Kenapa Kalau Aku Cuma Ibu Rumah Tangga (topik yang sudah menjadi concernsaya sejak dahulu juga)
– Diari Ibu Hamil Muda (saya juga suka menulis diari tapi setelah hamil malah lupa nulis tentang anak hehe tulisan ini mengingatkan saya untuk mencoba tulis tentang (dan kepada) anak juga :))

2. Self-improvement
Apa yang Berubah dari Kami, adalah favorit saya dalam topik ini. Alasannya adalah postingan ini sangat menginspirasi saya untuk memperbaiki diri ke arah yang lebih baik. Banyak hal yang tertulis di situ yang sebenarnya saya sudah tahu, namun dalam implementasinya sangat sulit untuk disiplin. Di sinilah saya salut sekali dengan Mbak Ecci sekeluarga.

Artikel lain yang saya suka:
– Mengatur Keuangan Keluarga dengan Money Lover (saya sangat suka juga dengan artikel-artikel yang memberikan insight tentang aplikasi bermanfaat. Tadinya untuk mengatur keuangan saya menggunakan Monefy, namun setelah membaca ini dan mencoba Money Lover ternyata yang ini lebih enak jadi saya berpindah hehehe. Saya juga suka dengan rekomendasi Mbak Ecci mengenai Blinkist, namun sayangnya berbayar ya 🙁 Aplikasi Trello juga saya pakai untuk kerja, ternyata saya baca Mbak Ecci pakai untuk mempersiapkan kehamilan ya hehe, boleh dishare mbak tasks nya apa aja di Trello-nya untuk inspirasi? :))
– Food Combining itu Gampang (saya juga sudah men-download aplikasi ini tapi belum mengimplementasikannya secara maksimal, karena ada review dari Mbak Ecci ini alhamdulillah sedikit membuka pelajaran tentang food combining yang saya baru tahu kalau karbo tidak boleh dicampur dengan protein 🙁 padahal seringnya kan kita gitu hehehe)

3. Miscellaneous
Sosok Seorang Ayah bagi Anak Perempuannya, karena adalah satu-satunya postingan yang membuat saya menangis karena memang persis seperti itu jugalah yang saya rasakan sebagai anak perempuan kepada ayahnya :”)

***

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam kenal Mbak Ecci, nama saya Avida Sa’ya 🙂
Ada dua pertanyaan yang ingin saya ajukan, mumpung lagi ikutan giveaway, sekalian saja ya Mbak di sini hehehe.

1. Jika berkenan, apakah Mbak Ecci mau menceritakan lebih lengkap mengenai keputusan mundur dari kuliah S2 dan bagaimana proses yang terjadi setelahnya? Saya follower Mbak Ecci di Tumblr & Instagram, mengikuti proses pembuatan buku Twin Path dan membelinya, mengikuti perjalanan Mbak Ecci di Mesir, hingga kemudian instagramnya tidak saya temukan lagi, di tumblr juga tidak ada update apapun, dan saya bingung untuk trace jejak Mbak Ecci di mana lagi hehe maap ya lebay. Kemudian ada pesan Whatsapp masuk dan menawarkan buku Kata Ayah, nomor saya didapat dari database pembeli Twin Path. Untung pernah beli Twin Path hehe jadi saya langsung beli buku Kata Ayah dan dari situ tahu channel Telegram, Medium, serta blog adiarersti.com.

2. Saya juga sempat melihat dulu Mbak Ecci pernah posting tentang buku-buku parenting & kehamilan yang dibaca dulu, sempat difoto, diupload di instagram, dan dijelaskan detail bukunya di caption. Sayang saya tidak sempat mencatatnya sebelum dihapus 🙁 Jika berkenan, apakah Mbak Ecci mau mereview lagi buku-buku yang dulu pernah diupload untuk dibahas lagi di blog?

Terima kasih sebelumnya 🙂

Regards,
Avida Sa’ya

Kalau kamu ingin baca tulisan-tulisan saya yang lainnya, bisa baca daftar tulisan saya di: Daftar Isi

Download E-book gratis di: twinpath.kindipress.com/downloads

Dapatkan update info terbaru tentang ide-ide dari saya dan suami di medium.com/ersti-ken

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: